Hukum Edit Foto Wajah Menjadi Tua Dalam Islam Dengan FaceApp

by

Jangan mendahului takdir, bisa jadi kita hidup tak sampai masa tua, dan belum tentu muka kita ketika tua seperti itu.

Maka perbanyaklah bekal kita untuk sesuatu yang sudah pasti yaitu Hari Hisab. Allah berfirman dalam al-Qur’an:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS. al-Hujurat:1).

Bolehkah mengedit foto dengan software Photoshop atau aplikasi Android FaceApp?

Menurut Syaikh Abdurrahman as-Suhaim yang juga mengutip hadits Nabi, beliau menjelaskan:

لا يجوز التلاعب بِالصُّوَر ؛ لأن هذا مِن تغيير خَلق الله ، كما أنه داخل في معنى ” مُضاهاة خَلْق الله ” ، وقد قال رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذَهَبَ يَخْلُقُ خَلْقًا كَخَلْقِي ، فَلْيَخْلُقُوا ذَرَّةً ، أَوْ لِيَخْلُقُوا حَبَّةً ، أَوْ لِيَخْلُقُوا شَعِيرَةً . رواه البخاري ومسلم

“Tidak boleh main-main dengan gambar (makhluk bernyawa). Karena ini termasuk mengubah-ubah ciptaan Allah. Sebagaimana itu masih termasuk dalam cakupan ‘menandingi ciptaan Allah’. Dan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Allah Azza wa Jalla berfirman: siapa yang lebih zalim dari orang yang menciptakan seperti ciptaan-Ku? (Siapa yang mau membuat gambar) maka buatlah gambar benih, biji, atau gandum”.” (HR. Bukhari – Muslim).

Anjuran tidak main-main dengan gambar diatas sudah termasuk di dalamnya, mengedit foto dengan FaceApp (dan aplikasi semisalnya -red).

Selebihnya, hanya Allah yang tahu segalanya tentang hidup dan mati ini, Wallahu a’lam.

***

Daripada kita mengedit foto sendiri jadi tua, alangkah lebih baiknya jika digunakan waktu kita untuk mencari bekal untuk akhirat sebelum tua nanti.

Semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang menyesal di akhirat kelak yang mengatakan:

رَبِّ ارْجِعُونِ  لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ

“(Ketika datang kematian pada seseorang, lalu ia berkata): Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. Al Mu’minuun: 99-100).

Sumber: fotodakwah.com

Loading...
loading...
loading...