Habib Ali Al-Jufri: Islam Indonesia Mirip Islam di Madinah Masa Rasulullah

by

Islam Indonesia dikenal sebagai Islam yang moderat, ramah dan toleran terhadap segala perbedaan yang ada. Karena itu Islam Indonesia dianggap sesuai dengan Islam di Madinah ketika Nabi Muhammad SAW mencapai titik kesepahaman di antara keragaman suku, budaya dan agama.

Tidak hanya itu, Islam Indonesia yang disebarkan tanpa pertumpahan darah juga dianggap sesuai dengan Islam di Madinah yang juga masuk tanpa peperangan.

Menurut Habib Ali Al-Jufri dalam ceramahnya di Monas, Jakarta saat menghadiri Majelis Rasulullah, Islam Indonesia memang mirip Islam di Madinah di masa Rasulullah.

Menurut Habib Ali, umat Islam Indonesia harus bersyukur karena Islam yang dibawa Walisongo tanpa pertumpahan darah, melainkan melalui akhlak dan kebijaksanaan, sehingga hasilnya pun melahirkan umat Islam yang ramah dan menjunjung tinggi perdamaian.

“Karna kalian adalah Ahlul Madinah. Kalian (penduduk Indonesia) menerima Islam yang dibawa Walisongo tanpa peperangan, begitu pula penduduk Madinah masuk Islam tanpa peperangan,” jelas Habib Ali.

Ulama asal Makkah yang dikenal karena keluasan ilmunya itu juga tak menutupi kebanggaannya terhadap umat Islam Indonesia karena sangat ramah dan menghargai orang lain.

Bahkan menurut Habib Ali, sikap seperti itu selaras dengan apa yang dilakukan masyarakat Madinah dengan memegang prinsip ramah ketika menyambut kaum Muhajirin, yaitu rombongan Rasulullah yang hijrah dari Makkah menuju Madinah.

Kalian (penduduk Indonesia) selalu menyambut dengan hangat tamu-tamu dari luar negeri dengan kasih sayang dan akhlak dan budi pekerti luhur, begitu pula Ahlul Madinah menyambut kaum Muhajirin yang Hijrah bersama Rasulullah,” pungkas Habib Ali.

Sumber: baldatuna.com

Loading...
loading...
loading...