Gerhana Matahari Total Terjadi Besok, Begini Cara Melihatnya

by

Masyarakat Bumi kedatangan tamu di angkasa besok, 2 Juli 2019. Gerhana matahari total dilaporkan akan muncul di langit Samudera Pasifik, Chili, dan Argentina.

Tentunya, hal menakjubkan ini tidak akan dilewatkan oleh masyarakat yang berkesempatan melihatnya secara langsung.

Warga negara lain termasuk Indonesia, sayangnya, belum bisa melakukan hal itu.

Tapi jangan khawatir, karena kemunculan gerhana matahari total ini akan ditayangkan secara live.

Dikutip dari CNET, Senin (1/7/2019) Exploratorium Museum San Fransisco akan mengadakan live streaming langsung dari National Science Foundation’s Cerro Tololo Observatory di Chili.

Live streaming akan dimulai pukul 12.23 pm waktu Pasifik, atau sekitar pukul 02.23 WIB, dilanjutkan dengan paparan informasi dari ahli dan ilmuwan NASA pada pukul 1 pm waktu pasifik atau 03.00 WIB. Kamu bisa mengakses link ini.

Tak hanya satu, observatorium lainnya juga bakal menayangkan fenomena alam ini.

The European Southern Observatory (ESO) juga akan melakukan live streaming di La Silla Observatory, dekat gurun Atacama di Chili.

Live streaming akan dimulai pukul 12.15 waktu pasifik atau pukul 02.15 WIB. Untuk melihatnya, kamu bisa cek di link ini.

Muncul 360 Tahun Sekali di Tiap Lokasi
Menurut ESO, fenomena ini adalah salah satu hal yang harus disyukuri.

“Gerhana matahari total muncul di satu lokasi spesifik setiap 360 tahun sekali,” ungkap juru bicara ESO.

Dengan adanya teknologi seperti live streaming, maka masyarakat dunia tidak perlu menunggu gerhana matahari total bertandang ke lokasi mereka.

Bagi yang tertarik ingin mendalami wawasan tentang gerhana matahari total ini juga bisa mengunduh aplikasi milik museum, Total Solar Eclipse 2019, baik di Play Store maupun App Store.

Sumber: liputan6.com

Loading...
loading...
loading...