Gempa Bumi di Tasikmalaya, Warga Panik Tebing di Palasari Cijolang Longsor, Simak Videonya

by -4,856 views

Kejadian tebing longsor di Palasari Cijolang, Limbangan Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, bikin geger warga setempat, Jumat (21/2/2020).

Tragedi tebing longsor di Limbangan Garut itu, terjadi pasca adanya getaran gempa bumi, sekitar 07.57 WIB.

Bahkan beredar video amatir detik-detik tebing longsor di Garut hingga viral di media sosial (medsos).

Sebuah video tebing longsor di Garut tersebut, diunggah langsung Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo.

“Info rekan FPRB Jabar: Detik-detik tebing longsor di Palasari Cijolang, Limbangan Garut pagi tadi. Video amatir yang direkam oleh warga setempat, longsor terjadi sesaat setelah getaran gempa pukul 07.57 wib (21/2). Lokasi longsor berada di Jalan Raya Limbangan -Nagreg,” ditulis akun Twitter Agus Wibowo dikutip wartakotalive.com.

Menurut Agus Wibowo, tebing longsor di Garut terjadi setelah terjadinya gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dikatakan Agus Wibowo, gempa bumi di Tasikmalaya dirasakan juga di kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Telah terjadi Gempabumi M4.9, 21-Feb-20 07:57:13 WIB, Lok:8.17 LS, 107.50 BT (112 km BaratDaya KAB-TASIKMALAYA-JABAR), Kedlmn: 11 Km, dirasakan di Sukabumi III MMI, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran II-III MM,” tulis akun Twitter Agus Wibowo.

Mengutip artikel Antara, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Asep Nugraha menyatakan, longsoran tanah tebing di Jalan Nasional kawasan Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat pagi, tidak mengganggu arus lalu lintas di Jalan Raya Bandung-Garut itu.

“Longsor di Cijolang namun tidak mengganggu arus,” kata Asep Nugraha melalui telepon seluler, Jumat.

Ia menuturkan, longsoran tanah tebing tidak menutup jalan sehingga arus lalu lintas kendaraan dari arah Bandung menuju Garut maupun sebaliknya berjalan normal.

Meski aman, kata dia, sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas maupun petugas dari Dinas Pekerjaan Umum pemerintah setempat disiagakan untuk mengatasi longsoran tanah tersebut.

“Personel (polisi) dan PUPR siaga di lokasi,” katanya.

Longsoran tanah beserta jebolnya tembok penahan tebing itu terjadi di Perum Pondok Indah Palasari Cijolang, Kampung/Desa Cijolang, Kecamatan Balubur Limbangan sekitar pukul 7.30 WIB.

Longsoran tebing sepanjang 50 meter dan tinggi 12 meter itu tidak menimbulkan korban jiwa atau merusak bangunan lainnya.

“Penanganan sementara cek lokasi bersama Muspika, koordinasi dengan pengembang dan mengamankan wilayah,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan.

Longsoran itu sempat terekam video telepon seluler milik warga setempat yang menayangkan beberapa saat sebelum terjadi longsor dan terdengar teriakan khawatir warga.

Sumber: tribunnews.com

loading...
loading...