Fenomena Cahaya Warna Warni di Langit Ciamis Berhasil Diabadikan

by -554 views

Fenomena langit unik terjadi di langit Ciamis, tepatnya di Dusun Langensari, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Jawa Barat, Selasa (24/12/2019) sore.

Seorang warga Rifka Hania (19) berhasil mengabadikan momen cahaya warna warni muncul dari gumpalan awan hitam.

Dari foto hasil jepretan itu terlihat di atas awan hitam yang menggumpal muncul cahaya berwarna.

Sepintas terlihat berwarna merah muda dan hijau. Mirip seperti pelangi, namun bentuknya berbeda dari pelangi yang sering dilihat.

Rifka kemudian mengunggah foto fenomena langit tersebut ke media sosial.

Tak sedikit netizen mengunggah ulang dan memberi tanggapan terkait fenomena tersebut. Mereka mengaku jarang melihat cahaya berwarna-warni itu.

Rifka Hania (19), warga yang berhasil memfoto fenomena itu mengaku senang bisa melihat kejadian langka itu.

Foto itu diambil ketika ia naik sepeda motor bersama adiknya akan ke Pasar Rancah untuk memberi tahu bulat. Saat melihat ke langit sepintas melihat cahaya mirip pelangi.

“Lagi naik motor lihat langit kok berwarna-warni, saya kira pelangi karena warnanya mirip tapi tidak tersusun. Saya berhenti dan lihat dengan jelas karena penasaran, ternyata bukan pelangi. Lalu saya foto dan video sedikit, karena memang saya suka foto-foto suasana senja,” ujar Rifka saat dihubungi detikcom, Rabu (25/12/2/2019).

Ia berangkat dari rumahnya di Dadiharja sekitar pukul 16.30 WIB. Fenomena itu dilihat dan difoto sekitar pukul 16.43 WIB.

Ketika ia sampai di Pasar Rancah, cahaya warna warni itu masih terlihat. Namun saat pulang sekitar pukul 17.00 WIB cahaya itu sudah menghilang.

“Itu asli saya foto sendiri. Saya gatau persisnya itu fenomena alam atau apa. Saya cuma ngiranya pelangi atau pantulan dari cahaya matahari tapi ternyata pas saya liat cuma dibagian awan itu aja,” ucap Rifka.

Setelah diunggah ke media sosial, Rifka mengaku banyak yang menanyakan fenomena cahaya warna-warni tersebut. Ia tidak bisa menjelaskannya.

Namun dilihat dari keterangan yang ada, fenomena itu disebut sebagai pelangi api.

“Ada yang repost (unggah ulang), ada yang nanya-nanya. Saya baru pertama kali melihat itu, ya beruntung bisa berhasil memfotonya,” kata dia.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...