Fakta-fakta Hilangnya Thoriq di Gunung Piramid, Rekannya Sadar Dia Hilang Sesampai di Bawah

by

Kabar duka datang dari dunia pendakian tanah air. Thoriq Rizki Maulidan ditemukan meninggal saat melakukan pendakian di Gunung Piramid, Bondowoso, Jumat (5/7/2019).

Remaja asal Desa Sukowiryo, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tersebut dinyatakan hilang pada Minggu (23/6/2019).

Sejak saat itu, tim SAR serta sejumlah relawan mencari keberadaan Thoriq.

Hingga akhirnya, pada hari ke-12 sejak dinyatakan hilang, Thoriq ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia. Ternyata, penemuan jenazah Thoriq pada Jumat kemarin, ternyata bersamaan dengan peringatan ulang tahunnya ke-14.

Berikut sejumlah fakta terkait hilangnya Thoriq hingga ditemukan meninggal tepat di hari ulang tahunnya, sebagaimana dirangkum Tribunnews.com.

Detik-detik hilangnya Thoriq
Thoriq dinyatakan hilang saat turun dari mendaki Gunung Piramid pada Minggu (23/7/2019). Pungky Filzah Pranata, rekan Thoriq yang ikut mendaki bersama di Gunung Piramid menceritakan, detik-detik kejadian tersebut.

Pada Jumat (21/6/2019), Thoriq bersama tiga rekannya, yaitu Pungky, Syafril, dan Rizki janjian untuk mendaki Gunung Piramid.

Keempat pelajar itu sepakat naik ke Gunung Piramid yang masuk di kawasan Gunung Argopuro, Jawa Timur pada Minggu (23/7/2019).

Mereka berangkat ke pos pendakian pada pukul 07.00 WIB dan tiba di tempat parkir motor pada 07.30 WIB.

Sesampainya di basecamp, mereka berangkat naik dan sampai di Pos 2 sekitar pukul 11.30 WIB.

Perjalanan menuju Pos 2, kata Pungky, memakan waktu empat jam, sudah termasuk istirahat.

Mereka pun melanjutkan perjalanan ke puncak pada pukul 14.00 WIB. “Kami tiba di Punggung Naga, jalur pendakian sekitar pukul 15.30 WIB. Lalu istirahat lagi,” kata dia.

Dari keempat pelajar itu, hanya Syafril yang memutuskan untuk istirahat di Punggung Naga karena kecapekan.

Sementara ketiga teman lainnya, termasuk Thoriq memilih melanjutkan perjalanan ke puncak dan tiba di puncak pada pukul 16.00 WIB.

Karena cuaca tak bersahabat, ketiga pelajar ini langsung turun setelah 10 menit di puncak Gunung Piramid. Saat turun, Thoriq berada di paling depan, disusul Pungky dan Rizki.

Inilah saat-saat terakhir Pungky melihat sahabatnya tersebut sebelum akhirnya ditemukan meninggal.

“Saat itu, saya masih melihat Thoriq ada di depan saya dan berjalan agak ngesot karena jalur yang curam.”

“Saya turun dengan posisi merangkak membelakangi Thoriq,” ujar dia.

Pungky baru menyadari Thoriq hilang saat akan tiba di bawah dan bertemu dengan Syafril. “Saya kira Thoriq sudah tiba dulu karena dia di depan saya. Begitu saya tanya Syafril, katanya Thoriq belum tiba,” ungkap Pungky, dengan tatapan sedih.

Akhirnya, Pungky bersama Syafril dan Rizki, melakukan pencarian selama kurang lebih satu jam dengan terus memanggil nama Thoriq.

Tak kunjung ada jawaban dan hari mulai malam, mereka akhirnya memutuskan untuk turun sekitar pukul 17.30 WIB.

“Saya akhirnya turun dan tiba di parkiran itu jam 19.00 WIB,” ujar dia.

Sumber: tribunnews.com

Loading...
loading...
loading...