Dugaan Terbaru Hilangnya Thoriq Saat Mendaki Gunung Piramida, Badannya Diperkirakan Jatuh ke Jurang

by -6,314 views

Kabar tentang hilangnya pendaki remaja bernama Thoriq Rizki Maulidan saat mendaki Gunung Piramida di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, banyak menyita perhatian masyarakat.

Thoriq hilang ketika hendak berburu sunset bersama teman-temannya.

Kronologi hilangnya Thoriq itu seperti rilis yang dikeluarkan Search and Rescue (SAR) atau Basarnas Jember.

Rilis atas hilangnya Thoriq di Gunung Piramid itu diunggah oleh akun @Venusi_ass.

“Telah tejadi musibah pendaki hilang, 4 orang siswa SMP melakukan pendakian menuju puncak Piramid pada sekitar pukul 05.00 WIB.”

“Setelah turun dari puncak tersebut satu orang anggota tidak kunjung turun ke bawah, kemudian rekan-rekan korban melaporkan kejadian tersebut.

“Pendaki dilaporkan hilang/terjatuh ke dalam jurang gunung Piramid. Warga pada malam hari melakukan pencarian hingga pagi hari namun hasil masih nihil.”

Disebutkan korban bersama teman-temannya mendaki Gunung Piramid pada Minggu (23/6/2019).

Thoriq awalnya mendaki bersama tiga temannya namun sebelum puncak satu teman korban memutuskan turun karena kelelahan.

Ia lalu melanjutkan pendakian bersama dua orang temannya.

Tetapi sebelum sampai puncak, mereka mengurungkan niat dan memutuskan turun. Saksi melihat dua orang teman korban turun dengan berlari sambil memberi peringatan jalur di atas licin.

Ternyata dua teman korban turun sudah tanpa Thoriq Rizki Maulidan. Sesampainya di bawah, kedua teman korban tidak berhasil menemukan Thoriq.

Mereka kemudian bergegas melaporkan kejadian kepada warga sekitar dan langsung dilakukan pencarian. Pencarian Thoriq kemudian dilakukan oleh PMI Kabupaten Bondowoso, Basarnas, TNI dan warga sekitar.

Akun Instagram @PMIkabupatenbondowoso merilis bahwa Thoriq belum ditemukan hingga Senin (1/7/2019).

“Baik teman-teman hari ini sudah hari ke tujuh di manas posisi Thoriq belum bisa ditemukan, ini masih nihil. Di sini jam 17.24 WIB. Saya bersama teman-teman dan warga setempat.”

“Teman-teman relawan ini sedang berkumpul, kami melaporkan dari pos bayangan di atas pos satu sampai saat ini kondisi Piramid sudah berkabut,”

“Semoga besok masih ada kabar baik, saya mohon doanya, terima kasih,”  ujar seorang relawan yang turut mencari Thoriq Rizki Maulidan.

Kemudian PMI Bondowoso merilis bahwa operasi SAR dihentikan sesuai kesepakatan bersama keluarga. Operasi akan kembali dibuka jika terdapat tanda-tanda keberasaan korban.

“Disepakati bersama keluarga dan Seluruh Unsur yg terlibat Operasi SAR dihentikan dan dilanjutkan pemantauan, jika terdapat tanda-tanda akan keberadaan Korban maka Operasi SAR akan di buka kembali,” tulis rilis PMI Kabupaten Bondowoso.

Sementara di media sosial beredar video yang disebut seorang pendaki meminta tolong.

Dalam video berdurasi 25 detik itu terdengar suara orang berteriak minta tolong.

Video itu dilengkap dengan kalimat “Thoriq minta tolong tapi tidak tau di mana.”

Kepala Kantor SAR Surabaya Budi Prasetyo menyebutkan sumber video itu tidak jelas. Dia meminta masyarakat lebih selektif dan cermat terhadap beredarnya video tersebut.

“Masyarakat harus cerdas dan bisa berpikir rasional atas video tersebut karena sumber video tidak jelas,”

“Masuk akal enggak video itu, siapa yang merekam. Kalau betul, berarti yang bersangkutan ada di dekatnya, kenapa tidak menolongnya,” ujar Budi seperti dikutip dari Kompas, Selasa (2/7/2019).

Sumber: tribunnews.com

loading...
loading...