Dekatkan Diri Kepada-Nya dengan Cara Ini

by -49 views

Seorang muslim yang kaffah artinya menjadi muslim yang melakukan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dengan menyeluruh baik diucapkan dengan kata dan dibuktikan dengan perilaku. Salah satu sikap yang paling disenangi baik oleh Allah dan Rasul salha satunya dengan membaca al quran dan tak lupa juga memahmi tafsirnya. Bahkan sudah banyak sekali keutamaan membaca al quran yang disampaikan oleh Allah.

Allah bahkan menjanjikan setiap huruf yang anda baca dalam Al Quran akan bernilai satu pahala kebaikan, jadi jika anda membaca alif lam mim bukan dinilai sebagai satu pahala akan tetapi alif sebagai satu pahala, lam sebagai satu pahala dan begitu pula dengan mim. Hingga ada hadist lain yang mengungkapkan bahwasanya siapapun yang membaca seratus ayat al quran dalam satu malam maka malaikat akan mencatatnya sebagai kebaikan yang dilakukannya pada malam itu dan tidak akan masuk dalam golongan orang yang lalai.

Anda dapat melihat tafsirweb untuk melihat  tafsir al quran dengan bahasa yang cukup mudah anda pahami. Beberapa surat yang kami rekomendasikan diantaranya:

1. Surat Yasin Surat yang termasuk dalam golongan surat makkiyah ini memiliki banyak manfaat jika anda rajin membacanya. Surat ini dianggap sebagai jantungnya Al Quran dimana jika anda membacanya maka Allah akan mencatat pahala anda sebagaimana anda membaca Al quran sebanyak 10 kali. Namun, apakah anda sudah tahu kandungan lain dalam surat ini? Jika belum ada baiknya saat anda membaca surat yasin anda juga membaca tafsir dari surat ini.

2. Surat Al Kahfi Surat yang diturunkan untuk menceritakan tentang ashabul kahfi  ini memang memiliki banyak cerita menarik yang terkandung dalam tafsirnya. Bahkan ada jaminan dari Allah siapapun yang menghafal 10 ayat pertama surat al kahfi akan dihindarkan dari fitnah Dajjal. Tentu anda semua sudah sangat mengetahui tentang dajjal bukan?

3. Surat Al Waqiah Surat ini dianggap sebagai salah satu surat yang jika dibaca rutin akan mempermudah datangnya rejeki. Walaupun mungkin hadistnya masih ada yang dipertanyakan tetapi membaca surat al waqiah ini mampu membuat dosa anda diampuni oleh Allah karena merupakan salah satu kelebihan dari surat al waqiah.

4. Surat Ar Rahman Surat ini pasti cukup umum anda dengar. Karena dalam surat ini memiliki keunikan dimana salah satu ayatnya diulang – ulang sebanyak 31 kali dan membahas tentang nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Ar Rahman sendiri memiliki arti sesuai nama Allah yang terdapat dalam asmaul husna yakni Maha pemberi nikmat dunia dan akhirat. Surat ini diturunkan agar kita selalu bersyukur pada Tuhan atas nikmatNya.

5. Surat Al Baqarah Salah satu surat dari al quran yang terdiri atas 286 Ayat ini termasuk surat madaniyah. Surat ini memiliki arti sapi betina. Surat ini diartikan sebagai sapi betina karena berisi tentang perintah Allah untuk menyembelih sapi betina yang ditujukan kepada Bani Israil. Surat ini juga membahas tentang watak orang Yahudi. Serta banyak membahas terkait tatanan hukum islam dalam hal ibadah.

6. Surat Al Mulk Surat yang tergolong surat makkiyah ini memiliki 30 ayat, Surat ini merupakan surat yang sering dibaca oleh Rasulullah saat merasa tidak tenang.

7. Surat Al Fatihah  Surat yang merupakan surat pembuka dalam al quran ini mengandung makna agung yang terdapat di dalam Al quran. Jika dilihat dari kandungannya maka surat ini mencakup tentang tujuan dari asasi al quran secara umum. Surat ini juga disebut sebagai ibu dari surat dalam al quran karena semua prinsip al quran terdapat di dalamnya sehingga disebut juga sebagai ummul kitab.

8. Surat Adh Dhuha siapa yang tidak tahu surat ini? Surat yang menjadi bacaan yang disunnahkan pada waktu sholat dhuha ini ternyata memiliki banyak keutamaan.

9. Surat An Naba’ Surat ini membahas tentang segala pertanyaan manusia tentang hari kiamat

10. Surat Yusuf Surat ini tentang riwayat cerita yang dialami oleh Nabi Yusuf a.s dan segala sikap yang harus diteladani.

Loading...
loading...
loading...