Ciri-ciri Rahim Wanita yang Subur

by

Umumnya wanita tentunya berharap agar dapat melahirkan anak-anak yang shalih dan shalihah dari rahimnya sendiri. Untuk dapat melahirkan, seorang wanita harus memiliki rahim yang sehat.

Namun apakah rahim yang sehat itu dapat dikenali sejak dini? Ternyata bisa lho. Rahim yang sehat biasanya dapat dikenali dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh wanita tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri rahim wanita yang subur:

1. Menstruasi Teratur
Wanita yang menstruasinya teratur dan normal biasanyamemiliki rahim yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Siklus menstruasi normalnya adalah antara 21-35 hari. Jika kurang atau lebih dari itu maka bisa dibilang bahwa siklus menstruasinya tidak teratur.

Bagi orang yang baru mengalami menstruasi biasanya akan mengalami menstruasi yang tidak teratur ini. Itu adalah hal yang normal.

Namun jika biasanya menstruasi sudah lancar kemudian tiba-tiba tidak, misalkan menstruasinya 6 bulan atau setahun sekali dan darah yang keluar dalam jumlah banyak dan tidak berhenti-berhenti, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter.

Saat menstruasi ada kalanya akan disertai rasa nyeri pada perut, payudara, pinggang, atau bagian tubuh yang lain. Bahkan ada yang saat hari pertama atau beberapa hari awal haid akan mengalami sakit yang menyebabkannya tidak dapat beraktivitas seperti biasa.

Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda. Yang jelas, jika gejala yang dialami dirasa cukup mengganggu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Sebab bisa jadi itu merupakan tanda adanya penyakit di rahim kita.

2. Gaya dan Pola Hidup yang Sehat
Gaya dan pola hidup yang sehat dapat mempengaruhi kesehatan rahimnya juga Sob. Jadi misalkan ada wanita yang rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, nggak merokok dan mengonsumsi alkohol, serta melakukan kebiasaan baik lainnya, maka in shaa Allah kondisi rahimnya juga akan lebih sehat dibandingkan mereka yang memiliki kebiasaan yang sebaliknya.

Sobat tahu sendiri dong, kalau rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan kemandulan. Jadi kalau Sobat pingin memiliki rahim yang sehat, ada baiknya hindari rokok ini dan mulailah menjalani gaya dan pola hidup yang sehat.

Pun cowok juga sama. Kalau bercita-cita ingin cepat memiliki keturunan setelah menikah, hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Selain dapat menyebabkan impoten, asap rokok juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar (perokok pasif).

3. Tidak Memiliki Penyakit Menular Se*sual
Penyakit Menular S*ksual atau biasa disingkat PMS merupakan jenis penyakit menular yang tidak bisa kita sepelekan. Contoh penyakit menular se*sual yang dapat menjadi penyebab kemandulan adalah Klamidia dan Gonore. Kedua penyakit ini dapat menyebabkan sakit radang panggul kemudian menyerang organ reproduksi.

Untuk dapat melakukan proses pembuahan di dalam rahim, sel telur harus melewati tuba fallopi (saluran sel telur menuju rahim).

Nah bagi seseorang yang memiliki PMS, karena tuba fallopinya telah terserang infeksi, secara otomatis proses pembuahan ini terganggu dan akhirnya akan sulit untuk dapat memiliki keturunan.

Makanya di dalam Islam Allah berulang kali menyebutkan tentang bahaya zina. Karena dari segi kesehatan pun memang ternyata memiliki banyak dampak buruk. Apalagi bagi yang memiliki kebiasaan s*ks bebas. Resiko terkena penyakit kelamin ini semakin besar.

4. Alat Kontrasepsi
Pemakaian alat kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, pil KB, dan implan dalam jangka panjang dapat menyebabkan seorang wanita menjadi susah hamil.

Bukan nggak bisa hamil lho ya. Sebab hormon tubuhnya menjadi tidak seimbang. Tanda yang umumnya muncul sih biasanya mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Untuk dapat mengembalikan agar proses ovulasinya menjadi normal, seseorang biasanya memerlukan waktu yang berbeda-beda.

5. Keturunan
Buat orang yang memiliki garis keturunan memiliki rahim yang subur harus banyak-banyak bersyukur nih. Soalnya apapun yang terjadi, biasanya mereka ini bakal gampang buat memiliki anak.

Cara ngeliatnya sih bisa dengan cara mengecek riwayat kesehatan dari pihak keluarganya. Kalau emang riwayat keluarganya sehat, in shaa Allah juga dirinya sehat. Meskipun ada juga yang dari keturunannya sehat tapi tetap sulit memiliki anak.

Itu dia beberapa cara kita dapat melihat apakah rahim seorang wanita subur atau enggak. Pada intinya sih, kita nggak boleh lupa bahwa untuk dapat hamil itu seratus persen kekuasaan Allah semata.

Jadi kalau selama ini kamu udah melakukan pola hidup sehat, berasal dari keturunan yang sehat, tapi tetep ngerasa sulit buat mengandung, bisa jadi itu cara Allah menyayangi kita.

Allah nggak pernah tidur kok. Yang penting jangan lupa buat terus berupaya dan meminta yang tebaik dari Allah, selalu.

Pun sebaliknya, kalau kamu memiliki kebiasaan buruk tapi gampang punya anak, ya nggak usah ‘manas-manasin’ mereka yang belum Allah izinkan memiliki nikmat hamil dan memiliki anak. Berempati dengan menghargai perasaan mereka nggak ada salahnya dong.

Sumber: annida-online.com

Loading...
loading...
loading...