Ciri-ciri Pasangan Hidup yang Egois

by -6,216 views

Tak sedikit pasutri yang merasa pasangannya berkarakter egois dan mau menang sendiri, sebenarnya bagaimanakah ciri-ciri pasangan hidup yang egois?

Tepatkah jika kita menjudge pasangan hidup kita egois sedangkan diri sendiri tak mau melakukan instrospeksi? Yuk, kita simak bersama sedikit pembahasannya.

1. Terobsesi Pada Kepentingannya Sendiri
Orang egois biasanya ditandai dengan obsesinya pada kepentingan diri sendiri. Ia melihat semua kebutuhannya harus dipenuhi orang lain, namun ia tak menyadari bahwa dirinya pun harus memenuhi hak orang yang ada pada dirinya.

Jika pasangan hidup kita, baik suami maupun istri bersikap seperti ini, ajaklah berdiskusi membicarakan tentang hak dan kewajiban suami istri! Jangan sampai ia terus-menerus merasa dirinya sebagai korban yang terdzolimi, padahal sebenarnya ia lah yang mendzolimi pasangan hidupnya sendiri.

2. Tak Peduli Perasaan Pasangan
Ciri orang egois yang kedua adalah ia tak bisa berempati dengan perasaan orang lain. Suami/ istri sedang sakit malah tak ditemani, mertua sakit parah tak ditengoki. Pasangan hidup yang seperti ini tentu saja harus diingatkan. Karena sesungguhnya muslim yang terbaik adalah yang berbuat baik pada keluarganya.

Percuma jika melakukan pencitraan sebagai pasangan hidup yang romantis, hebat, dan luar biasa kalau ternyata itu hanyalah topeng belaka. Peduli pada perasaan pasangan hidup merupakan salah satu kunci langgengnya pernikahan.

3. Tak Mau Berbagi
Milikmu adalah milikku, milikku yaa milikku sendiri! Ada pasangan hidup yang bersifat seperti ini? Jika pasangan hidup kita adalah seorang wanita, masih wajar bersikap demikian.

Karena memang harta wanita adalah miliknya sendiri sedangkan harta suami harus dibagi untuk menafkahi anak istri. Meskipun idealnya istri juga turut ikhlas membantu suami.

Akan tetapi, jika suami bersifat tak ingin berbagi, tandanya ia tak menyadari kewajibannya saat menikahi seorang wanita. Suami egois seperti ini harus diperingatkan.

“Cukuplah seseorang itu dikatakan berdosa orang-orang yang menahan nafkah orang yang menjadi tanggungannya.” (H.R, Muslim)

4. Tak Mau Berubah
Idealnya dalam pernikahan, masing-masing individu saling beradaptasi untuk mencocokkan diri dengan sifat pasangannya. Jika ada sifat kita yang tak disukai pasangan, hendaknya kita ubah sedikit-sedikit atau diminimalisir.

Akan tetapi, pasangan hidup yang terus-terusan menuntut pasangannya berubah tapi dirinya sendiri tak mau mengubah diri, menandakan adanya keegoisan karakter.

Misal, pasangan hidup kita paling suka kebersihan dan kerapihan, sedikit-sedikti belajarlah untuk menaruh barang pada tempatnya, handuk di gantungan, sepatu di rak, sarung di lemari.

Meski sulit, usaha kita untuk bersedia mengubah diri yang berantakan menjadi sedikit rapi merupakan itikad baik untuk menghargai pasangan hidup.

Demikianlah beberapa ciri pasangan hidup yang egois, adakah sifat-sifat di atas pada diri kita? Semoga tidak, karena biasanya sifat egois menjadi salah satu penghancur cinta dan kasih sayang antar pasutri.

Sumber: ummi-online.com

Loading...
loading...
loading...