CEK FAKTA: Benarkah Metro TV Akui Anies Sebagai Presiden?

by -5,731 views

Beredar sebuah artikel berjudul “MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI” yang dimuat di sebuah situs alumni212(dot)id yang ditayangkan pada Jumat, (29/5/2020).

Artikel yang ditulis oleh Januar Fikri tersebut memuat foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

dalam sebuah tangkapan layar tayangan berita Metro TV dengan headline “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru”.

Isi artikel tersebut berisi kutipan sebagai berikut:

“Stasiun televisi nasional MetroTV ‘mengakui’ bahwa Anies Baswedan bukanlah Gubernur DKI Jakarta melainkan Presiden RI. Hal tersebut terlihat dari teks headline berita berjudul “Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru” di program Selamat Pagi Indonesia. Padahal di situ adalah gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai.”

Lantas benarkah Metro TV mengakui bahwa Anies adalah Presiden?

Penjelasan
Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id –jaringan Suara.com, klaim bahwa stasiun televisi Metro TV mengakui bahwa Anies Baswedan adalah Presiden Republik Indonesia adalah klaim yang salah.

Foto itu merupakan sebuah potongan tangkapan layar dari video yang ditayangkan Metro TV yang memuat liputan tentang Presiden Joko Widodo

dan Anies Baswedan saat meninjau kesiapan New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta pada Jumat (26/5/2020).

Video yang diunggah dengan judul Jokowi Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru di Stasiun MRT Bundaran HI itu merupakan saah satu rangkaian berita dalam acara Selamat Pagi Indonesia.

Dalam video asli tayangan berita yang diunggah kanal YouTube metrotvnews tersebut, pada menit ke 6:23 menunjukkan bahwa ketika video menayangkan gambar Anies yang tengah diwawancara tetap ditulis Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kesimpulan
Kabar dari sebauh artikel yang menyebut bahwa Metro TV mengakui bahwa Anies adalah Presiden adalah klaim yang salah.

Konten tersebut merupakan hoaks dengan kategori konten yang dimanipulasi.

Sumber: suara.com

loading...
loading...