Catat! Jangan Makan Durian Dengan 2 Jenis Minuman Ini

by

Musim durian telah tiba. Di ruas-ruas jalan ibu kota kini Anda sudah bisa melihat sejumlah pedagang durian yang menjajakan produk andalannya.

Mulai dari durian monthong, durian asli Sumatera, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, beberapa waktu lalu sempat beredar kabar duka yang menimpa salah seorang pria paruh baya. Ia dilaporkan meninggal dunia setelah mengonsumsi bersama teman gowesnya.

Belum diketahui secara pasti apakah buah tropis ini menjadi penyebab utama pria tersebut meregang nyawa.

Kendati demikian, berita ini tentu membuat para pencinta durian kalang kabut.

Apakah benar buah favorit mereka ini tidak aman untuk dikonsumsi?

Bahkan, sempat terdengar kabar bahwa durian sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan tertentu.

Untuk mengonfirmasi hal tersebut, Okezone telah melakukan wawancara khusus dengan dokter spesial jantung dari Siloam Hospital, dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA.

Berdasarkan penjelasannya, buah bertekstur legit ini sebaiknya dikonsumsi bersama minuman beralkohol dan berkarbonasi.

Kombinasi durian dan minuman tersebut diklaim dapat memicu terjadinya dispepsia.

“Dispepsia itu gejala yang dialami tubuh, di mana perut akan dipenuhi dan terasa tidak nyaman. Terkadang, gejala ini juga disertai nyeri pada ulu hati. Secara singkat, dispepsia bukan nama penyakit, tetapi istilah medis untuk rasa tidak nyaman di perut bagian atas,” jelas dr Vito Damay saat dihubungi Okezone via pesan singkat, Selasa (29/1/2019).

Lebih lanjut, Vito mengatakan, dispepsia juga bisa menjadi sebuah petunjuk bagi seseorang untuk mengetahui penyakit yang dideritanya. Contoh kecilnya adalah nyeri lambung atau sakit maag itu tergolong dispepsia.

“Jadi kalau bisa makan durian itu secukupnya saja. Tiga butir juga sudah cukup kok. Dan ingat, jangan makan sambil minum minuman beralkohol dan berkarbonasi,” tukasnya.

Sumber: okezone.com

Loading...
loading...
loading...