Catat, Ini Tanda Anak Cerdas yang Terlihat Sejak Usia 2 Tahun

by

Kecerdasan anak memang harus diasah sejak usia dini. Kecerdasan pun tak hanya semata kecerdasan akademik.

Menurut Howard Gardner, pakar perkembangan anak, ada delapan jenis kecerdasan, linguistik (bahasa), matematika, visual spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan naturalis.

Nah dari berbagai jenis kecerdasan tersebut, anda bisa melihat berbagai tanda-tandanya.

Dengan begitu, anda bisa mengasah kemampuan dan kecerdasan Si Kecil sejak usia dini. Seperti apa tanda-tanda kecerdasan yang dimiliki oleh anak?

1. Aktif Bergerak
Anak yang aktif tak hanya terjadi pada usia dua hingga tiga tahun saja. Sejak bayi, anak aktif akan mulai banyak belajar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa stimulasi yang benar sejak bayi akan berpengaruh pada perilaku dan kemampuan mereka untuk belajar.

Salah satu stimulus yang tepat adalah bereksplorasi. Ketika anak aktif bergerak ke sana kemari, ia akan mengenal berbagai objek di sekitarnya.

Perlu anda ingat bahwa selama tahun pertama kehidupan, otak akan menghasilkan miliaran sel yang artinya otaknya bertumbuh cukup pesat.

Otak bayi mengalami pertumbuhan hingga 64% mencapai setengah ukuran orang dewasa saat tiga bulan pertama.

Maka, stimulus yang tepat akan membantu mengasah pertumbuhan sel otak yang terjadi cukup pesat di awal kehidupan.

2. Sering Diajak Ngobrol
Salah satu tonggak ukur anak cerdas adalah kemampuan bahasa yang sangat baik, misalnya mampu berbicara dalam kalimat lengkap lebih awal dibanding teman sebayanya.

Hal tersebut bisa anda lakukan dengan sering mengajaknya ngobrol. Sejak bayi, anak cenderung memerhatikan dan merespon percakapan orang dewasa.

Saat ia bayi, 80% perkembangan otaknya dipakai untuk berpikir dan memproses informasi.

Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan di masa bayi tentu dengan membuatnya banyak mendengarkan kata-kata.

Hal ini akan membantunya lebih banyak menyerap informasi dan berpikir lebih cepat.

3. Punya Rasa Ingin Tahu yang Besar
Anda sebaiknya jangan marah jika Si Kecil sering menanyakan hal-hal yang ada di sekitarnya sebab bisa jadi itu tanda anak cerdas.

Sebuah studi baru-baru ini mempelajari fungsi otak manusia, yang dipublikasikan di jurnal Neuron dan berpendapat bahwa kimia otak seseorang yang penasaran berbeda dari orang-orang yang kurang penasaran, yang akhirnya membantu mereka untuk belajar lebih baik.

Artinya anak yang punya rasa penasaran tinggi akan memiliki proses belajar yang lebih baik. Bagaimana sudah tahu tanda-tanda anak yang cerdas sejak usia dini?

Anda juga bisa memberikan stimulus yang tepat agar kecerdasannya semakin terasah.

Sumber: nakita.grid.id

Loading...
loading...
loading...