Cara Memutihkan Selangkangan dan Bokong Setelah Hamil dan Melahirkan Secara Alami

by

“Bagaimana ya cara memutihkan selangkangan dan bokong secara alami?”

Mungkin Bunda pernah terpikirkan hal tersebut terutama setelah hamil dan melahirkan.

Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap selama hamil memang menjadi mimpi buruk setiap ibu baru.

Hal ini jauh lebih bikin frustasi karena setelah menjalani sembilan bulan perubahan bentuk tubuh, Bunda masih harus menerima kenyataan bahwa ada bekas luka yang tertinggal.

Saat mengecek ‘di bawah sana’, Bunda menemukan bercak-bercak coklat kehitaman telah menguasai area genital Anda! Menjijikan, ya? Namun, apakah bercak tersebut hanya bertahan sementara atau seterusnya akan berada di sana?

Memutihkan selangkangan dan bokong – Penyebab perubahan warna kulit selama hamil
Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap ini disebut melasma. Menurt Dr. Katrina Canlas-Estrella, dokter spesialis kulit dari Makati Medical Center.

Sangat umum bagi wanita untuk mengalami melasma atau chloasma gravidarum selama hamil karena peningkatan produksi hormon yang mengakibatkan perubahan pigmentasi kulit.

Beberapa wanita menyadari munculnya bintik-bintik noda di sekitar bibir bagian atas, hidung, tulang pipi, dan dahi.

Beberapa bagian tubuh lainnya juga mulai menggelap seperti di bawah ketiak, leher, puting payudara, alat kelamin, dan bagian sensitif lainnya.

Dalam sebuah jurnal tentang melasma, The American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa daerah berpigmen ini biasanya kembali normal beberapa bulan setelah melahirkan.

Namun, untuk wanita dengan warna kulit dan rambut yang memang gelap secara alami, seperti orang Indonesia, mungkin perlu waktu lebih lama atau mungkin bahkan tidak pernah bisa kembali ke warna kulit sebelum hamil.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa menggelapnya warna kulit merupakan keturunan, yang lainnya mengatakan bahwa hal tersebut diakibatkan depresi selama hamil.

Ada juga yang bilang bahwa menu makan selama hamil menjadi salah satu faktor penyebab. Paparan sinar matahari membuat semuanya jadi lebih buruk.

Warna kulit menggelap semakin jelas terlihat saat Bunda hamil anak kedua, ketiga, dan seterusnya. Salahkan hormon, dokter biasanya mengatakan hal itu.

Kondisinya bisa berbeda pada masing-masing ibu, dan semua yang telah disebutkan di atas bisa jadi penyebabnya.

Memutihkan selangkangan dan bokong – Mendapatkan kembali kejayaan Miss V Anda
Banyak wanita yang tidak menganggap ini sebagai masalah, tetapi sebagian besar wanita ingin menghilangkan kulit gelap yang tidak sedap dipandang.

Terutama jika mereka memiliki warna kulit yang terang dan terbiasa memiliki warna kulit merata di seluruh bagian tubuh, termasuk selangkangan dan area vagina.

Menurut konsultan kecantikan dan kulit Jasmin Bolaño, hal ini bukanlah masalah yang besar.

Zaman sekarang, ada beragam solusi, mulai dari yang alami, menggunakan kosmetik maupun secara medis demi mengatasi masalah kulit menggelap ini.

3 Cara memutihkan selangkangan dan bokong (Catatan: Hanya berlaku di area selangkangan dan paha bagian dalam, bukan dimasukkan dalam vagina!)
Gunakan bahan-bahan yang ada di rumah Anda untuk membantu mengatasi bercak hitam pada kulit. Semua bahan alami ini bisa diaplikasikan setiap hari, bahkan dua kali sehari setelah mandi.

Diamkan campuran ini selama 20 – 30 menit sebelum dibilas dengan sabun dan air.

1. Air Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis dikenal sangat efektif sebagai bahan pemutih alami. Peras setengah bagian jeruk nipis atau jeruk limau ke atas yogurt dan aplikasikan ke area selangkangan Anda.

Bunda juga bisa mencampurkan bubuk kunyit dan air jeruk nipis untuk hasil yang sama. Yogurt mengandung kultur bakteri baik yang bagus untuk kulit. Bunda juga bisa mengganti jeruk nipis dengan lemon.

2. Pepaya
Sabun pepaya menjadi semakin populer beberapa tahun belakangan. Pepaya memang baik untuk kulit Anda karena membantu merontokkan sel-sel kulit mati sekaligus meremajakan kulit Anda.

Campurkan 2 sdm pepaya yang sudah dihaluskan, 1 sdm madu, dan 1 sdm daging buah lidah buaya kemudian oleskan pada bintik-bintik gelap di kulit.

Bila tak mau repot, Bunda juga bisa mengoleskan langsung potongan buah pepaya di atas kulit yang menggelap satu hingga dua kali sehari.

Tak punya pepaya? Bunda bisa menggantinya dengan alpukat. Hasilnya akan sama seperti pepaya.

3. Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya diketahui dapat membantu mencerahkan bercak-bercak gelap. Lakukan secara rutin seperti menggunakan losion, namun lakukan hanya di area kulit yang menggelap.

Bahan lain untuk memutihkan selangkangan dan bokong secara alami
Selain ketiga bahan alami yang telah disebutkan di atas, masih ada bahan-bahan lain yang bisa Bunda coba untuk memutihkan selangkangan dan bokong secara alami. Beberapa di antaranya adalah:

  • Campurkan jus tomat atau timun dengan susu kemudian basuh di area kulit yang menggelap.
  • Almond dan madu juga merupakan campuran pemutih alami yang baik bagi kulit.
  • Belah kentang jadi dua atau empat dan gosokkan pada kulit yang menggelap. Atau Bunda juga bisa memarut kentang kemudian peras dan ambil sarinya. Oleskan pada area kulit yang gelap dan rasakan hasilnya setelah beberapa minggu pemakaian.
  • Buat pasta dari baking soda yang dicampur dengan sedikit air kemudian teteskan air perasan lemon. Campuran ini ajaib untuk memutihkan selangkangan dan bokong secara alami.
  • Minum banyak air putih akan membantu membuang racun dari tubuh Anda. Jadi, jangan lupa banyak minum air putih selama hamil dan menyusui.

Menyusui sebenarnya juga membantu menjaga kulit Bunda tetap bersinar. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah. Jadi, teruslah menyusui bayi Anda, dan Anda akan memiliki kilau alami luar dan dalam.

Bunda punya cara lain dalam memutihkan selangkangan dan bokong secara alami setelah melahirkan? Atau sudah membuktikan keberhasilan cara-cara di atas? Yuk, ceritakan kisah Anda dengan kami di kolom komentar!

Sumber: theasianparent.com

Loading...
loading...
loading...