Cara Beli Kuota Internet Belajar Online Murah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dkk

by -2,489 views

Di masa pandemi virus corona saat ini, berbagai operator seluler di Indonesia, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Tri mengeluarkan sejumlah paket khusus untuk membantu para siswa belajar online di rumah.

Paket ini diharapkan bisa meringankan beban para orang tua yang harus memikirkan dana untuk membeli kuota internet untuk belajar anak-anaknya.

Rata-rata operator menjual paket kuota internet untuk belajar online ini dengan harga yang terjangkau.

Sebagai panduan para orang tua yang sedang mencari dan ingin membeli paket internet untuk belajar online, bisa lihat daftar yang dibuat kumparan di bawah ini.

Telkomsel
Operator seluler Telkomsel baru saja meluncurkan paket Kuota Belajar yang dijual Rp 10, sudah mendapatkan kuota 10 GB untuk masa aktif 30 hari. kuota konferensi yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs pendidikan untuk proses pembelajaran.

Paket Kuota Belajar 10 GB ini bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi pembelajaran dan video konferensi seperti, Zoom dan Google Meet.

Untuk daftar lengkap, aplikasi apa saja yang bisa menggunakan Kuota Belajar bisa lihat artikel di bawah ini.

Cara pembelian paket Kuota Belajar 10 GB Rp 10 bisa melalui aplikasi MyTelkomsel atau *363*844#. Paket ini mulai tersedia dari 23 Agustus hingga 31 Desember 2020.

Paket hanya dapat dibeli sekali, jika sudah membeli paket Ilmupedia sebelumnya, maka tidak bisa mengaktifkan paket Kuota Belajar 10 GB Rp 10.

Paket Kuota Belajar tidak bisa digunakan jika menggunakan jaringan VPN.

Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo juga punya paket internet untuk belajar online dinamakan IMclass yang menawarkan kuota 30 GB dengan masa aktif selama 30 hari dengan harga Rp 5 ribu.

Paket internet ini dapat digunakan untuk mengakses platform pembelajaran online, diantaranya Ruangguru, Quipper, Zenius, Sekolahmu, serta Rumah Belajar.

Tak hanya itu, bagi para mahasiswa pun dapat memanfaatkan kuota edukasi ini untuk mengakses 60 portal belajar online dan situs resmi dari universitas-universitas yang ada di Indonesia.

Sayangan paket ini tidak bisa untuk Zoom, Google Meet, dan aplikasi video conference lainnya.

Cara pembelian paket IMclass bisa melalui aplikasi MyIM3 atau melalui UMB *123*369#. Paket ini sudah tersedia sejak 5 Juni 2020.

XL Axiata
XL Axiata memawarkan dua paket internet untk mendukung belajar online, yaitu Paket Xtra Conference dan Xtra Edukasi. Kedua paket tersebut bisa dibeli melalui aplikasi myXL.

Paket Xtra Conference menawarkan beragam kuota dengan harga murah, mulai dari Rp 2.000 untuk 2 GB dan masa berlaku 1 hari, Rp 4.000 untuk 5 GB dan masa berlaku 3 hari, serta Rp 10.000 untuk 15 GB dan masa berlaku 7 hari.

Pelanggan bisa memanfaatkan paket ini untuk mengakses lima aplikasi pendukung video conference, seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Sementara, paket Xtra Edukasi menawarkan tiga varian paket, yaitu Rp 1.000 untuk 2 GB dan masa berlaku 1 hari, Rp 2,500 untuk 5 GB dan masa berlaku 3 hari, serta Rp 7.500 untuk 15 GB dan masa berlaku 7 hari.

Pengguna XL bisa menggunakan paket ini untuk mengakses aplikasi dalam mendukung belajar dari rumah, seperti Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Selain, itu pengguna paket Xtra Edukasi bisa mengakses saluran materi kuliah online di 39 universitas negeri maupun swasta di berbagai daerah di Indonesia. Daftar universitas tersebut bisa dilihat di aplikasi myXL.

Axis
Operator Axis juga menyediakan paket AXIS Boostr Edukasi dan Boostr Conference. Paket Boostr Edukasi untuk para pelajar dan mahasiswa menawarkan tiga pilihan paket dengan harga mulai Rp 800 untuk 2 GB per hari, Rp 2.900 untuk 5 GB masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15 GB masa aktif 7 hari.

Paket Boostr Edukasi dapat dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi Udemy, Ruangguru, Zenius, dan Sekolahmu. Selain itu juga bisa untuk akses ke website Kemendikbud khusus pembelajaran.

Bagi mahasiswa, paket ini juga bisa untuk masuk ke situs pembelajaran 39 universitas di Indonesia yang telah terdaftar di aplikasi AXISnet.

Sementara, paket Boostr Conference menawarkan tiga pilihan harga, mulai Rp 800 untuk 2 GB per hari, Rp 2.900 untuk 5 GB masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15 GB masa aktif 7 hari.

Pelanggan dapat memanfaat paket ini untuk mengakses layanan bekerja dan belajar dari rumah yang paling banyak digunakan yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, hingga Google Classroom.

Tri
Operator Tri memberikan insentif kepada seluruh pelanggan perdana dan paket AlwaysOn akan mendapatkan tambahan kuota untuk mengakses aplikasi e-learning hingga 30 hari.

Tambahan kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning, seperti Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius.

Empat aplikasi tersebut merupakan aplikasi e-learning yang paling banyak di akses oleh pelanggan Tri.

Sumber: kumparan.com

loading...
loading...