Calon Pengantin di Jawa Timur Wajib Tes Urine Sebelum Menikah

by

Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Timur (Jatim) menggandeng Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, untuk menambah satu syarat yang harus dipenuhi bagi calon pengantin, yaitu calon pengantin wajib tes urine.

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol, Bambang Priyambadha menuturkan, pasangan yang baru menikah kelak akan mempunyai keturunan yang akan menjadi pemimpin dan menjadi generasi penerus bangsa.

“Kesadaran orang tua harus dibangun sejak dini yaitu melalui adanya tes urine narkotika saat sebelum menikah,” tutur Bambang, Jumat (12/7/2019).

Bambang mengatakan,langkah tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan masyarakat terhadap penggunaan narkoba. “Tes urine bisa dilakukan di puskesmas, BNN kotakabupaten atau Jatim secara gratis,” katanya.

Bambang menegaskan, pasangan calon pengganti yang kedapatan positif saat di tes urine, mereka bukan berarti tidak diperbolehkan menikah.

“Calon pengantin tetap melangsungkan proses pernikahan namun wajib melapor ke BNNP atau BNN Kabupaten maupun Kota, atau ke RSUD maupun puskesmas se Provinsi Jawa Timur,” ucap Bambang.

Sementara itu, Plt kepala Kantor Kemenag Jatim, Moch Amin Mahfud menambahkan kerja sama ini dilakukan untuk menciptakan generasi muda bebas narkoba dan akan diterapkan mulai Agustus 2019 di 38 Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Jawa Timur.

“Ketika ada calon pengantin yang positif menggunakan narkoba akan ditangani BNN untuk direhabilitasi. Namun, hal itu tidak menghalangi proses pernikahan,” ujarnya.

Sumber: liputan6.com

Loading...
loading...
loading...