Buktikan 5 Khasiat Minum Air Biji Ketumbar Bagi Kesehatan

by

Rempah atau bumbu dapur sudah sejak dulu dipercaya sebagai obat herbal yang alami. Salah satunya adalah biji ketumbar yang memberikan khasiat sehat jika dikonsumsi rutin.

Selain sebagai bumbu pada masakan, ketumbar juga bisa diolah menjadi air seduhan atau rendaman yang bisa dikonsumsi.

Berbagai masalah kesehatan bisa berkurang dan dicegah dengan meminum air rebusan biji ketumbar, seperti dilansir dari Style Craze, Kamis (17/1).

1. Pencernaan
Biji ketumbar dan daunnya akan membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Cukup siapkan biji ketumbar dan air.

Lalu rendam segenggam biji ketumbar di dalam air selama sehari. Kemudian saring bijinya dan minum airnya saat perut kosong.

Minumlah setiap hari untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus.

Biji ketumbar membantu produksi enzim pencernaan. Jika menderita gangguan pencernaan dan perut kembung, masukkan biji ketumbar dalam makanan.

2. Obat Pilek dan Flu
Menu yang memiliki kandungan biji meningkatkan produksi kolagen yang sehat dan menjaga elastisitas kulit. Lalu juga akan menyembuhkan flu.

Vitamin C dalam ketumbar adalah antioksidan kuat yang sangat penting untuk tubuh. Ketumbar memiliki banyak vitamin esensial seperti asam folat, vitamin A, dan beta-karoten, dan yang paling penting vitamin C.

3. Antidiabetes
Siapkan biji ketumbar dan air. Rendam segenggam biji ketumbar semalaman. Pagi berikutnya, saring airnya dan minumlah. Jika menderita diabetes dan kolesterol, maka harus minum air ketumbar setiap hari.

Cara itu menurunkan glukosa darah. Sehingga menjaga kadar gula darah yang sehat. Langkah tersebut mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah.

Mereka yang menderita diabetes dan kolesterol tinggi harus minum air ketumbar setiap hari.

4. Mencegah Menstruasi Tak Teratur
Jika menderita aliran menstruasi yang berat, maka sertakan biji ketumbar dalam makanan sehari-hari. Siapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, 1 liter air.

Rebus 6 gram biji ketumbar dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat.

Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari. Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid lebih teratur.

5. Cegah Anemia
Tahukah bahwa biji ketumbar dapat membantu mencegah anemia juga? Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah.

Biji ketumbar mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang mencegah anemia.

Peringatan
Mereka yang menderita diabetes dan hipertensi harus memantau kesehatan mereka dengan ketat ketika mengonsumsi ketumbar.

Sebab berpotensi menyebabkan penurunan drastis kadar gula dan tekanan darah jika berlebihan.

Mereka yang rentan terhadap alergi juga harus waspada terhadap penggunaan ketumbar karena dapat memperburuk reaksi alergi.

Sumber: jawapos.com

Loading...
loading...
loading...