Bolehkah Memanjangkan Kuku? Ini Hukumnya

by

Tampil rupawan tentu menjadi harapan semua insan, terlebih para perempuan.

Berbagai upaya dilakukan untuk memperindah diri, salah satunya dengan memanjangkan kuku dan menghiasnya.

Lalu bagaimanakah hukum memanjangkan kuku dalam Islam?

Memotong kuku merupakan salah satu sunnah dalam Islam, sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ، أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ: الْخِتَانُ، وَالِاسْتِحْدَادُ، وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ، وَنَتْفُ الْإِبْطِ، وَقَصُّ الشَّارِبِ

“(Sunnah-sunnah) fitrah itu ada lima, atau lima dari sunnah-sunnah fitrah, yaitu; berkhitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan mencukur kumis.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah dan Malik)

Berdasarkan hal ini, memanjangkan kuku memang boleh dan tidak haram, namun seseorang yang memanjangkan kuku berarti tidak mengikuti sunnah Nabi SAW.

Memotong kuku selain karena sunnah juga sebagai upaya menjaga kebersihan.

Pasalnya, kuku amat rentan dimasuki kotoran dan najis, sedangkan seorang muslim harus senantiasa menjaga diri dari najis, terutama ketika melaksanakan shalat.

Imam Malik dan begitu pula Jumhur Ulama tidak menentukan batasan kapan seseorang harus memotong kukunya. Kita dapat memotong kuku kapan saja, ketika kuku mulai memanjang. Namun Anas bin Malik menyatakan, para sahabat diberi batas waktu untuk memotong kuku tidak lebih dari 40 malam.

وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ، وَحَلْقِ الْعَانَةِ، وَنَتْفِ الْإِبْطِ، وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ، أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Kami diberi batas waktu untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, memotong bulu kemaluan tidak lebih dari empat puluh malam.” (HR Muslim)

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menyatakan, ketika memotong kuku, disunnahkan memulai dari kuku tangan, baru kemudian kuku kaki.

Juga mendahului tangan kanan dari tangan kiri. Dimulai dari kuku jari telunjuk, lalu kuku jari tengah, kuku jari manis, kuku jari kelingking baru kemudian kuku jari jempol.

Sedangkan memotong kuku tangan kiri dimulai dari kuku jari kelingking hingga berakhir di kuku jari jempol.

Adapun sunnah memotong kuku kaki dimulai dari kuku kelingking kanan, berderetan hingga berakhir di kuku kelingking kiri.

Wallahu a’lam bisshawab

Sumber: islami.co

Loading...
loading...
loading...