BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter di Sulawesi Utara

by -429 views

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dan angin kecang di Sulawesi Utara.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung menyebutkan, ada lima wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi hingga 4 meter, yakni perairan Kepulauan Sitaro, Sangihe, Talaud, dan Bitung-Likupang.

Selain Sulut, gelombang tinggi 4 meter juga berpeluang terjadi di Laut Maluku bagian utara.

Peringatan dini ini berlangsung selama dua hari, mulai 13-14 September 2019.

Gelombang tinggi juga berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, perairan selatan Sulut, Laut Maluku bagian selatan, namun tingginya hanya berkisar 1,25 sampai 2,5 meter.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” imbau Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Ricky Daniel Aror, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9/2019).

Sedangkan angin kencang yang melanda Sulut, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Carisz Kainama menjelaskan, dari hasil analisis, terdapat daerah tekanan rendah di timur Filipina (998 hPa) yang menyebabkan perbedaan tekanan cukup signifikan, antara pusat tekanan rendah tersebut dan wilayah Sulut.

“Sehingga menyebabkan terjadi angin kencang,” ujarnya lewat keterangan singkat saat dikonfrmasi.

Sebagian besar wilayah di Sulut terkena dampak angin kencang, seperti:

  • Manado (seluruh wilayah)
  • Minahasa Utara (seluruh wilayah)
  • Kepulauan Sitaro (seluruh wilayah)
  • Kepulauan Sangihe (seluruh wilayah)
  • Kepulauan Talaud (seluruh wilayah)

Serta dapat meluas ke wilayah Bitung (seluruh wilayah), Minahasa Selatan (seluruh wilayah), dan Minahasa (bagian barat).

“Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga Kamis malam pukul 21.15 Wita. Kita sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca,” tandasnya.

Sumber: kompas.com

loading...
loading...