BMKG Prediksi Hujan Lebat, Jaga Kesehatan dengan 4 Cara Ini

by

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam beberapa hari ini memprediksi akan terjadi hujan lebat di beberapa wilayah.

Sejumlah area juga mengalami banjir dan longsor, membuat kita semakin rentan akan penyakit.

Demam, flu, kolera, demam berdarah, infeksi air dan makanan lebih sering terjadi pada saat musim hujan.

Terutama beberapa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk karena banyaknya genangan air usai hujan membuat nyamuk lebih mudah berkembang biak.

Oleh karena itu, mari kita jaga kesehatan dengan cara-cara berikut ini:

1. Jangan Biarkan Tubuhmu Basah
Saat banjir atau melewati genangan air, jangan sesekali membiarkan kakimu tetap basah atau bahkan bermain di dalam air.

Air hujan yang jatuh dan menggenang telah terkontaminasi dengan beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit seperti leptospirosis dan juga ada infeksi jamur yang menyerang kaki dan kuku jari.

Saat kaki atau tubuhmu basah, segera keringkan dan jangan biarkan terlalu lama atau berada di area dengan pendingin udara.

Untuk terus memberikan rasa hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki dan tangan kita dan juga hidung, sehingga hidung kita akan cenderung terasa dingin ketika cuaca dingin.

Bawalah baju kering tambahan untuk segera berganti baju. Persiapkan jas hujan, sepatu boots dan juga payung sebagai antisipasi hujan.

2. Minum Vitamin C
Penyakit rentan menyerang saat musim hujan karena sistem imun tubuh cenderung menurun.

Minumlah vitamin C dari buah-buahan dan sayur atau bisa memakai suplemen untuk membuat tubuh cepat pulih, terutama saat sakit menyerang.

Sayuran dan buah-buahan sumber terbaik vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas bisa jadi alternatif bagi kamu yang sedang diet.

3. Mandi Dua Kali Sehari
Cuaca dingin saat musim hujan terkadang membuat kita menjadi malas mandi.

Justru mandi dua kali sehari, apalagi dengan air hangat, justru bisa membantu tubuh memulihkan suhu tubuh kembali, sekaligus menyingkirkan bakteri dan kuman sehingga melindungi kita dari infeksi.

Penumpukan keringat dan kotoran akibat kelembaban pada musim hujan juga bisa membuatmu rentan infeksi. Jika memang tak terlalu ingin mandi, cobalah rendam kakimu di air hangat.

4. Minum dan Makan yang Hangat-hangat
Tak ada yang salah dengan makan dan minum yang hangat-hangat saat musim hujan. Segelas cokelat atau teh hangat dan semangkuk sup bisa menjadi asupan terbaikmu.

Ahli gizi dan diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, mengatakan bahwa, makanan atau minuman hangat, merupakan salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang tetap ingin menjaga kehangatan tubuh dari dalam.

“Makanan yang bersifat hangat, seperti mengandung jahe, merica, cabe, sangatlah cocok konsumsi saat cuaca dingin,” ujarnya kepada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...