Beristighfar Untuk Kedua Orang Tua, Begini Caranya

by

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Ustadz, mau bertanya tentang keutamaan istighfar. bahwa Allah akan mengangkat derajat orang tua kita karena istighfar kita. maksudnya bagaimana Ustad?

Apakah kita beristighfar tapi diniatkan untuk orang tua atau melakukan seperti istighfar biasa dan tidak perlu berniat. Jazaakumullah khayran katsir.

Jawaban:
Wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh. Bismillah wassholaatu wassalaamu ‘alaa Rosulillaah. Amma ba’du.

Terdapat hadits shohih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِيْ الْجَنَّةِ فَيَقُوْلُ : يَا رَبِّ أَنىَّ لِيْ هَذِهِ ؟ فَيَقُوْلُ : بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

“Sungguh, Allah benar-benar mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga,” maka ia pun bertanya: “Wahai Rabbku, bagaimana ini bisa terjadi?” Allah menjawab: “Berkat istighfar anakmu bagi dirimu.”

Maksud dari hadits ini adalah ketika orang tua dikaruniai anak sholeh yang selalu beristighfar atau memohonkan ampun untuk orang tuanya ketika mereka masih hidup ataupun sudah wafat, maka ini akan bermanfaat bagi kehidupan orang tua di dunia dan akhiratnya.

Orang tua tersebut akan mendapat derajat yang tinggi di surga, disebabkan istighfar anaknya untuknya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’alla.

Adapun pelafalan ucapan istighfar اسْتَغْفِرِ اللهَ adalah untuk diri sendiri. Jika diniatkan kepada orang lain atau kepada ayah kita dengan kalimat اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ

“Yaa Allah, ampunilah dosanya”

Atau kepada ibu kita اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَ Atau bisa juga dengan doa yang telah masyhur.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Atau bisa dengan doa dari Surat Al-Isra’ ayat 24 ini:

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil” (QS. al-Isra’ : 24)

Bisa dengan doa yang sering dibacakan saat khutbah Jumat untuk meminta ampunan kepada saudara-saudara muslim kita.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ

Wallohu a’lam bisshawab.

Oleh: Ustadz Abu Bakar Al-Akhdhory, Lc

Sumber: abubakar-alakhdhory.com

Loading...
loading...
loading...