Berikut Cara Membiasakan Diri Beradab Islami Dalam Aktivitas Sehari-Hari

by

Tentunya sebagai muslim harus senantiasa berusaha untuk membiasakan diri beradab secara islami agar mendatangkan banyak manfaat dan pahala.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Saling Bersilaturahim Dalam Rangka Mempererat Tali Persaudaraan
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezkinya, dan ingin diperpanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung tali silaturrahmi.” (HR. Muslim)

2. Menghiasi Lisan Dengan Dzikrullah
Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah masing-masing kalian memiliki hati yang bersyukur, lisan yang berdzikir, istri yang membantunya untuk urusan akhirat.” (HR. Ahmad) Menurut penelitian al-Al Bani Hadits ini shahih.

3. Berkata Baik Atau Diam
Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, jangnlah ia mengganggu tetangganya, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia berkata baik atau diam” (HR. Bukhari)

4. Membaca Basmallah Setiap Akan Melakukan Sesuatu
Dalam hadits disebutkan bahwa Nabi Shallalahu ‘alaihi wassalam suka mendahulukan yang kanan dalam setiap perbuatannya. Seperti bersuci, menaiki kendaraan dan memakai sandal. (HR. Bukhari)

5. Menutup Seluruh Aurat
Dalam sebuah hadits disebutkan, “Bahwa Asma Binti Abu Bakr masuk menemui Rasulullah SAW dengan mengenakan kain yang tipis, maka Rasulullah SAW pun berpaling darinya. Beliau bersabda “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita jika telah baligh tidak boleh menampakkan darinya kecuali ini dan ini, beliau menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya”. (HR. Abu Dawud)

Sumber: ummi-online.com

Loading...
loading...
loading...