Begini Cara Memilih Calon Suami Menurut Islam

by

Impian terbaik setiap wanita pastinya hampir sama, yaitu ingin memiliki suami yang baik untuk dunia dan akhirat.

Hal ini tentunya sangat wajar, jika mengingat menikah adalah ibadah seumur hidup, jadi dalam memilih pendamping hidup tentu tidak bisa sembarangan.

Berbagai macam kriteria pria baik dijabarkan oleh wanita untuk mencari calon suami terbaik adapun cara untuk memilih calon suami menurut islam adalah sebagai berikut:

Lihat Agamanya
Hal pertama yang menjadi penentu untuk wanita mencari jodoh dalam islam ialah beragama Islam.

Sudah jelas bahwa bagi Anda (wanita) muslimah yang ingin bersuami, maka pilihlah pria yang beragama Islam, sama seperti Anda.

Taat Pada Agama
Cara memilih calon suami yang baik kedua ialah taat dalam beragama. Seorang wanita baiknya dinikahkan dengan laki-laki yang taat beragama dan baik akhlaknya.

Tentunya yang dimaksud taat beragama di sini ialah menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT dan Rasul-Nya, di samping baik akhlaknya atau perilakunya.

Bisa Menjauhi Maksiat
Kriteria ketiga ialah menjauhi kemaksiatan. Kepala keluarga bertanggung jawab untuk menjauhkan keluarganya dari segala macam dosa dan hal-hal yang menghapus amal ibadah sehingga terhindar dari siksa api neraka yang begitu pedih.

Mandiri Dalam Ekonomi
laki-laki yang pantas dinikahi ialah laki-laki yang sudah mampu untuk membelanjai kawin.

Dalam artian, sudah mampu mencari nafkah dan mandiri dalam segi ekonomi.

Berjiwa Pemimpin
Seorang suami yang baik pasti akan terus berusaha menjadi pemimpin yang baik bagi istri dan anak-anak sehingga dapat selamat di dunia dan akhirat.

Dan satu hal lagi yang penting dari seseorang yang berjiwa pemimpin ialah mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menjalani kehidupan rumah tangganya sehingga nantinya akan dihargai oleh istri dan anak-anaknya.

Jadi, pilihlah pria yang memiliki jiwa pemimpin dalam dirinya.

Bertanggung Jawab dan Bersikap Adil
Selain berjiwa pemimpin, sifat lainnya yang harus dimiliki oleh seorang laki-laki sebagai suami adalah tanggung jawab dan bersikap adil.

Seorang suami harus bertanggung jawab dan bersikap adil atas setiap keputusan yang sudah diambilnya.

Bahkan bukan hanya atas keputusan yang diambilnya, tetapi terhadap apapun yang dilakukannya dalam keluarga.

Jadi, pilihlah suami yang mampu bersikap adil dalam rumah tangga.

Karena suami yang adil tidak akan mendzalimi Anda (wanita) sebagai istrinya maupun anak-anaknya sendiri dan merupakan cara menjaga keharmonisan rumah tangga.

Sumber: hijapedia.com

Loading...
loading...
loading...