Beda Jauh Dari Tampak Luar, Warung Ini Viral Setelah Kondisi Dapurnya Terungkap ke Publik

by -18,302 views

Makanan terasa lezat bukan jaminan kebersihannya juga pasti terjaga. Akun Facebook bernama Abdul Razak Othman membuktikan hal itu melalui postingannya yang menjadi viral.

Rabu 23 Oktober 2019, ia mengunggah beberapa foto yang menunjukkan kondisi sebuah warung seafood.

Warung Seafood Viral
Saat Abdul menunjukkan bagian depan warung, tak ada yang tampak aneh. Warung seafood itu terlihat normal seperti warung pada umumnya. Terdapat sebuah papan nama listrik yang terlihat terang.

‘Wan Saripah Seafood’ nama warung yang tertulis di papan nama.

Ucapan ‘Selamat Datang’ juga ramah menyapa para pengunjung. Terdapat pula kursi makan berwarna merah yang ditata mengelilingi meja ubin. Tiap satu meja diberi masing-masing 4 kursi.

Kondisi Dapur Warung Seafood

Namun kondisi di depan warung ternyata berbeda jauh dari dapurnya. Saat masuk ke dapur tempat warung seafood menyiapkan sajian, para pembeli mungkin akan langsung kehilangan selera makan. Dapur tempat masak terlihat sangat kotor dan tak terawat.

Baskom, wajan, kompor, dan perabot masak lainnya seperti menjadi satu dengan sampah masakan. Yang lebih parah, tempat mencuci piring benar-benar tak dijaga kebersihannya.

Berikut Fotonya

Ember yang digunakan sudah berwarna hitam seakan tak pernah diganti selama bertahun-tahun. Tempat menyimpan pasokan bahan makanan juga kotor.

Dari caption yang dituliskan Abdul Razak, warung seafood jorok ini berada di Bukit Katil, Malaysia.

Pihak Kementerian Kesehatan Turun Tangan
Dikutip dari Bernama, pihak Kementerian Kesehatan sampai turun tangan langsung. Setelah foto-fotonya viral semenjak Rabu malam, Kementerian Kesehatan Malaysia langsung datang ke lokasi.

Pejabat Kementerian Kesehatan Malaysia, Low Chee Leong mendatangi warung itu dan langsung melakukan pemeriksaan.

Dalam operasi selama empat jam bermula jam 8 malam, sebanyak empat catatan diberikan kepada pengusaha warung makanan.

“Operasi tersebut dilakukan setelah melakukan pemeriksaan berkaitan isu tersebut yang viral di media sosial sejak semalam dan pemeriksaan mendapati premis berkenaan berada pada tahap kebersihan 70 peratus ke bawah,” katanya ketika dihubungi Bernama hari ini.

Pemilik Dikenakan Sanksi
Pemilik warung diberi hukuman atas kelalaiannya tidak menjaga kualitas dan kebersihan makanan. Warung tersebut tidak boleh beroperasi selama 14 hari.

Pemilik warung diminta untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh dalam tempo yang sudah ditetapkan.

Warung baru boleh buka lagi apabila Kementrian Kesehatan menilai kondisi dapur sudah layak untuk memasak makanan pembeli.

Foto-foto dapur jorok yang viral di Facebook pun menuai banyak respon netizen.

Sumber: merdeka.com

loading...
loading...