Bahayanya Minum Dengan Sekali Teguk

by

Terkadang, ketika dahaga yang amat sangat datang manusia langsung memuaskannya dengan meminum air yang berlebih. Bahkan, ada pula yang meminum air bergelas-gelas hanya dalam satu waktu.

Hal ini yang tidak dianjurkan dari sisi kesehatan maupun dari kebiasaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Apa bahayanya bagi kesehatan bila seseorang minum berlimpah hanya dengan sekali teguk? Ketika seseorang bernafas, zat yang dikeluarkannya adalah zat asam arang alias karbondioksida.

Jadi, bila dia mengeluarkan nafas di dalam gelas maka yang dia hirup zat asam arangnya sendiri.

Itu juga berarti, air yang diminumnya mengandung zat sisa hasil pembakaran di dalam tubuhnya yang tentu saja ini buruk bagi kesehatan.

Nah, Rasulullah saat minum tidak langsung menghabiskan segelas air dengan sekali teguk. Melainkan dalam beberapa kali tegukan. Beliau menyelingi dengan mengambil nafas di sela-sela minum itu sebanyak tiga kali.

Rasul tidak mengambil nafas sambil minum atau bernafas dengan gelas masih menempel di mulut. Tetapi Beliau menjauhkan gelas atau tempat minumnya dari mulut, dan mengambil nafas jauh dari wadah minum.

Apa yang dicontohkan Nabi juga mengandung nilai kesabaran karena seorang muslim dituntut tidak tergesa-gesa. Juga bermakna kesopanan, karena minum dengan hanya sekali teguk bisa menunjukkan keserakahan seseorang. Bahkan menampilkan ketergesa-gesaan itu bisa mengakibatkan tersedak.

Sumber: dream.co.id

Loading...
loading...
loading...