Bacaan Sholat Sunnah Istikharah, Lengkap Dengan Arab, Latin, dan Artinya

by

Shalat sunnah istikharah adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika kita bimbang atau ragu untuk menentukan pilihan kita, biasanya setelah kita melaksanakan sholat istikharah kita langsung mendapat jawaban dari pilihan kita lewat mimpi.

Sholat istikharah sendiri merupakan sholat yang sifatnya sunnah dan hanya di jalankan ketika seorang hamba merasa ragu untuk memilih 2 atau lebih perkara.

Namun, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tata cara dan bacaan sholat istikharah ini.

Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang harus kita ketahui. Dimana dengan sholat ini maka kita akan langsung mendapat jawaban dari pilihan Allah sendiri.

Oleh karena itu kita melakukan sholat istikharah untuk mendapat jawaban terbaik dari pilihan itu.

Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang di laksanakan secara khusus ketika kita berada dalam keadaan bingung untuk menentukan suatu pilihan.

Misalkan menentukan jodoh, menentukan pekerjaan dan lain sebagainya. Artikel ini akan membahas tentang tata cara dan bacaan sholat istikharah yang benar sesuai sunnah Rasulullah.

Namun sebelum kita mengetahui tentang tata cara sholat istikharah dan bacaan sholat istikharah, alangkah baiknya jika kita mengerti tentang sholat istikharah itu sendiri.

Shalat Istikharah
Shalat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang harus kita ketahui. Dimana sholat ini dilaksanakan jika kita tengah menghadapi suatu pilihan.

Shalat istikharah adalah salah satu upaya agar kita mampu memilih suatu pilihan dengan benar dan sesuatu yang terbaik di sisi Allah SWT.

Shalat istikharah adalah sholat yang berjumlah 2 rakaat yang disunnahkan berdasarkan praktek yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW.

Sholat ini dilaksanakan manakala menghadapi pilihan-pilihan yang mesti dengan segera diambil keputusan.

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajarkan kepada kami tentang shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Quran.

Beliau, Rasulullah bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Melalui hadist tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa shalat istikharah ini merupakan ibadah sunnah yang mana ketika kita melaksanakannya akan diberi petunjuk dan jawaban atas apa yang tengah kita risaukan.

Lebih lengkapnya berikut akan kami berikan informasi tentang tata cara shalat istikharah untuk memohon petunjuk perihal karir, jodoh maupun permasalahan lainnya beserta bacaan sholat/bacaan doa istikharah.

Berikut adalah bacaan Sholat/niat shalat istikharah:

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aala

Artinya:
“Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Berikut ini tata cara shalat istikharah secara praktis:

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al-Fatihah
  4. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al-Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al-Fatihah
  12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Bacaan Sholat Atau Doa Istikharah
Berikut ini bacaan sholat/doa sholat istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Bacaan Latin Doa Sholat Istikharah

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Arti Dari Bacaan Sholat/Doa Sholat Istikharah
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung.

Karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku.

Maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku.

Maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Video Bacaan Sholat/Doa Sholat Istikharah

Setelah kita mengetahui Bacaan Sholat Istikharah mulai dari niat, tata cara, dan doa setelah sholat istikharah. Sekarang kita bisa mempraktekkannya secara langsung apabila kita sedang bimbang dalam menentukan sesuatu.

Bacaan Sholat Istikharah ini merupakan keinginan kita untuk mendapat jawaban terbaik yang di pilihkan Allah untuk kita, ketika kita sedang bingung untuk memilihnya.

Semoga kita selalu diberikan petunjuk yang benar oleh Allah SWT. Amin

Sumber: mediaislamupdate

Loading...
loading...
loading...