Apakah Anda Punya Potensi Penyakit Jantung? Cek Dengan Cara Sederhana Ini, Cukup Sentuh Ujung Kaki

by -3,183 views

Mempunyai tubuh sehat tentu dambaan semua orang. Namun, pola hidup sehat yang terlihat mudah dilakukan, ternyata sulit saat dikerjakan.

Alhasil, berbagai penyakit pun datang. Baik itu yang langsung terasa atau ‘diam-diam’ menggerogoti tubuh seseorang.

Cara yang dilakukan banyak orang untuk memeriksakan apakah tubuhnya sehat atau tidak adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan check up.

Langkah tersebut memang bagus dan memberikan hasil yang spesifik, namun membutuhkan biaya.

Terkait hal itu, ternyata ada cara mudah untuk mendeteksi penyakit mematikan seperti jantung, stroke, dan darah tinggi lewat gerakan sederhana.

Melansir dari Kompas Health, pertama, cobalah duduk bersandar di dinding. Luruskan dan rapatkan kedua kaki Anda.

Cobalah membungkuk dan ulurkan tangan Anda untuk menyentuh jemari kaki.

Bila Anda kesulitan menggapai ujung kaki atau jarak antara tangan dan kaki terpisah jauh, maka Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi, stroke, dan jantung.

Terdapat penelitian tentang tes lewat gerakan sederhana ini. Peneliti di University of North Texas menemukan bahwa tubuh yang fleksibel adalah cerminan pembuluh darah yang juga fleksibel.

Atau sebaliknya, orang yang tidak fleksibel (salah satu tandanya adalah tidak dapat menyentuh jari kaki mereka) memiliki arteri yang kaku atau kurang elastis dibanding mereka yang bertubuh lebih lentur.

Diketahui, bila arteri tidak elasstis, berarti jantung harus bekerja ekstra saat memompa darah. Pada akhirnya, risiko penyakit jantung dan stroke pun meningkat.

Kekakuan pembuluh arteri bisa disebabkan oleh racun di dalam rokok, terlalu banyak penyumbatan lemak jenuh atau kurang aktivitas fisik.

Bila hasil tes sederhana di atas mengecewakan, maka sebaiknya Anda mengubah pola hidup jadi lebih baik mulai dari sekarang.

Sumber: tribunnews.com

loading...
loading...