Al-Azhar: Gus Dur Bapak Demokrasi Indonesia

by -820 views

Baru-baru ini, situs resmi Universitas al Azhar Kairo Mesir alazharmemory.eg memuat Profil Presiden Republik Indonesia ke-4 KH Abdurrahman Wahid. Keterangan yang sama juga tampil di laman Facebook resmi salah satu universitas Islam ternama di dunia itu. Cucu pendiri NU tersebut, disebut sebagai Abu adDimuqratiyyah al Indunisiyyah atau bapak demokrasi Indonesia.

Mula-mula disebutkan biografi singkat Gus Dur seperti tempat dan tanggal lahir, serta pengelanaan mencari ilmu dari Indonesia, Mesir, dan Irak hingga menjadi sosok agamawan yang berjiwa sosial dan humanis ternama di Indonesia. Disebutkan juga bahwa Gus Dur adalah orang yang getol dan keras mengkritik pemerintahan Soeharto. Al Azhar mengatakan bahwa Gus Dur dalam pemerintahannya sukses mengeluarkan Indonesia dari krisis keuangan Asia.

Gus Dur dianggap sebagai tokoh dibalik keikutsertaan Indonesia dalam jajaran negara-negara demokratis di dunia pasca runtuhnya rezim Soeharto, dan menjadi presiden pertama yang dipilih melalui proses demokratis. Namun, Gus Dur dalam pemerintahannya diuji dengan munculnya konflik separatis dan sektarian di daerah seperti Aceh, Papua, dan Kepulauan Maluku.

Semangatnya dalam berpolitik juga disorot oleh al Azhar. Gus Dur walau dalam keadaan sakit, masih berjuang untuk mengambil hak-haknya untuk berpolitik aktif. Al Azhar mengatakan bahwa Gus Dur itu sangat disegani dan dicintai rakyat Indonesia, bisa dilihat dari jumlah orang yang mengantarkan jenazahnya hingga liang lahat di Tebuireng Jombang. Tak hanya tokoh agama Islam, tokoh agama Kristen dan Budha juga menghadiri pemakamannya.

al-azhar-tentang-gd
Infografis Gus Dur yang diunggah akun facebook resmi al Azhar pada Jumat (17/06) waktu setempat.

Akun facebook resmi al Azhar yang beralamat Official Azhar University juga mengunggah infografis Gus Dur pada hari Jumat (17/6) waktu setempat dengan tagline “Azhariyyuun Haulal al‘Aalam” (Alumni Al Azhar di Seluruh Dunia).

Dalam keterangannya dijelaskan, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah ikon toleransi beragama dan menjadi pemimpin di masa transisi demokrasi. Mengutip pendapat juru bicara gedung putih, Robert Gibbs yang menyatakan bahwa Presiden penuh Humor menyentil itu adalah orang yang bekerja untuk perdamaian dan kemakmuran di Indonesia, selain itu juga merupakan tokoh yang menjadi penghubung antar kelompok agama yang berbeda.

Hingga berita ini diturunkan, status tersebut banyak disukai netizen dan sudah dibagikan 394 orang. Mayoritas juga memberikan komentar positif dan mendoakan mendiang Gus Dur. Ada yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang aman tanpa pertumpahan darah dan peperangan, sehingga dapat beribadah kepada Allah dengan tenang. Ada juga yang sekedar mendoakan saja.

Selain komentar positif juga ada komentar negatif dengan mengatakan bahwa Gus Dur adalah salah satu tokoh liberal di Indonesia. Naasnya yang berkomentar adalah Warga Negara Indonesia.  Namun, mayoritas berkomentar positif atas posting-an tersebut dengan memuji dan mendoakan Gus Dur.

Sumber: tebuireng.org

loading...
loading...