Ada Kalanya Tubuh Butuh Minum Air Dingin, Ada Kalanya Juga Butuh Air Hangat. Awas Jangan Tertukar

by

Saat kita kehausan tentu cara ampuh mengobatinya adalah dengan minum air. Biasanya kita akan memilih air dingin untuk diminum, namun apakah itu pilihan terbaik?

Pada saat apa seharusnya kita harus memilih minum air dingin atau minum air hangat? Jenny Hills penulis dan peneliti medis akan menjawab kapan waktu yang tepat untuk meminum ke-2 air tersebut dilansir dari healthyandnaturalworld.com.

Waktu yang Tepat Minum Air Dingin

1. Olahraga
Selama berolahraga suhu tubuh inti menjadi tinggi, berkeringat adalah cara tubuh untuk menangkan diri yang menyebabkan kita banyak kehilangan elektrolit. Meminum air dingin dapat mendinginkan suhu tubuh inti kita.

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, orang yang selama berolahraga meminum air dingin mampu menjaga suhu inti turun 50% lebih lama dibanding mereka yang minum air dengan suhu kamar.

2. Demam
Meminum air dingin saat demam adalah metode menurunkan suhu badan. Saat demam penting untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi karena bekerja keras melawan penyakit.

Ketika Anda kepanasan coba peras lemon dan tambahkan sedikit garam untuk menggnti elektrolit yang hilang.

3. Menurunkan Berat Badan
Minum air dingin dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar 70 kalori per hari. Jika berat badan anda rata-rata 155 lbs atau 69,75 Kg berjalan 15 menit akan membakar 70 kalori. Minum air es terlihat lebih gampang bukan?

Waktu yang tepat minum air hangat atau panas

1. Ganguan Pencernaan
Pengobatan ayurveda menyatakan bahwa minum air hangat di pagi hari membantu menstimulasi pencernaan.

Susan E. Brown, PhD juga menyatakan minum air dingin dengan makanan dapat memiliki efek buruk pada proses pencernaan.

Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk menghangatkan cairan dan makanan dingin, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diasimilasi.

2. Detoks
Saat ingin membersihkan tubuh dari kotoran, Dr. Mark Hyman MD menyarankan minum air suhu kamar dengan perasan lemon.

Lemon juga membantu menstimulasi pencernaan dan membuang racun. Cobalah menambahkan beberapa irisan mentimun dan mint segar atau irisan apel dan batang kayu manis, manfaat detoks akan anda rasakan.

3. Meredakan Sakit
Air hangat atau panas lebih baik diminum saat sakit kepala atau radang.  Air hangat membantu merangsang aliran darah ke jaringan, dan obat yang sangat baik untuk kram saat menstruasi,

4. Sembelit
Minum air hangat saat mengalami konstipasi dapat membantu memperbaiki keadaan. Penyebab utama sembelit adalah dehidrasi, jadi penting untuk mengonsumsi sejumlah cairan tambahan.

Air hangat membantu menstimulasi aliran darah dan memiliki efek menenangkan di usus daripada air dingin.

Sumber: intisari.grid.id

Loading...
loading...
loading...