7 Dosa yang Secara Tidak Sadar Kamu Lakukan Tiap Hari, No 3 Selalu Kamu Lakuin

by -7,076 views

Banyak dari kita yang tidak tahu ternyata setiap hari kita telah melakukan dosa-dosa kecil yang tanpa disadari sudah menjadi aktivitas yang biasa.

Bahkan karena sangking seringnya kita malah menganggap hal-hal tersebut bukanlah sesuatu perbuatan yang tidak baik, malah menjadi rutinitas keseharian. Apa kamu juga berpikir bahwa selama ini kamu sudah melakukan hal-hal baik setiap harinya?

Coba deh kamu simak beberapa dosa kecil yang mungkin sering sekali kamu lakukan tapi kamu tak sadar bahwa itu adalah perbuatan yang tidak baik.

1. Mencontek
Kamu yang berstatus pelajar pastinya tahu banget aktivitas yang satu ini kan. Ya, mencontek adalah kegiatan kecurangan yang tidak baik.

Di sisi lain, mencontek adalah perbuatan curang yang secara langsung merugikan kamu sendiri karena kamu telah membohongi dirimu sendiri dan orang lain.

Ketidakjujuran dimulai dari hal-hal sederhana seperti ini. Tentunya kamu tahu banget kalo hal ini adalah perilaku tidak jujur yang sedang kamu tanamkan dalam kehidupanmu dan juga teman-temanmu. Jadi, mari berlaku jujur dan tidak curang ya.

2. Pamer
Punya gadget terbaru atau lagi banyak uang tentunya bikin kita pengen pamer ke orang-orang terdekat. Tapi tahu kan kalo sifat pamer ini adalah dosa dan termasuk penyakit hati yang juga tidak baik untuk kamu dan orang sekitarmu.

Pamer atau bahasa lainnya “riya” ini sering sekali kita lakukan tanpa sadar. Berharap orang lain mengagumi apa yang kamu punya dan haus pujian jadi salah satu alasan kamu buat pamer sana sini.

Apalagi sekarang di era sosial media ini, cara kamu buat pamer gampang banget. Tinggal upload foto di facebook atau instagram maka kamu sudah masuk ke dalam kategori orang yang lagi pamer.

Ini gak baik lho buat mental kamu, dan pastinya buat orang lain di sekitar kamu yang belum tentu semua suka. Bisa jadi ada orang yang iri dan malah berbuat jahat sama kamu.

Stop buat membela diri bahwa ini dan itu adalah hidup kamu dan orang lain gak perlu ikut campur. Kalo kamu udah berpikiran kayak gitu, berarti kamu masuk ke dalam dosa yang lebih besar lagi tuh, jadi sombong karena merendahkan orang lain.

3. Pacaran
Uda jelas kan larangan buat pacaran santer didengungkan oleh orang tua dan para guru. Kalo kamu bisa mikir sih memang lebih banyak sisi negatifnya dari pada positifnya.

Tapi tentu saja pembelaan buat kamu yang sekarang lagi adem ayem sama pacar kamu menganggap hal ini sangat biasa. Justru normal kalo orang pacaran.

Dari pada jomblo ngenes itu kasihan banget. Ya, itu pas baiknya. Coba pas kamu berantem atau putus? Ngerasa mau bunuh diri kan karena sakitnya.

Makanya itu pacaran itu termasuk dosa karena dekat dengan perzinaan dan tindakan yang menjurus kepada hal-hal yang tidak baik.

Awalnya sih cuma ngobrol masalah pribadi, terus pegangan tangan, abis itu mulai deh cium kening, terus dan terus lagi sampe kamu kebablasan. Ups.

4. Gosip
Suka ngomongin kehidupan orang lain dengan niat menjelek-jelekkan. Tentunya ini adalah dosa yang pastinya seneng banget kamu lakuin.

Bahkan ini udah jadi rutinitas bareng temen-temen buat nyeritain si anu dan si anu. Dengan menceritakan aib orang lain bukan berarti hidup kamu udah jadi sempurna banget kan.

Justru hidupmu lebih menyedihkan daripada orang yang kamu ceritakan karena kerjaanmu cuma mencela kehidupan orang lain yang sama sekali gak penting.

Masih mending ya kalo yang diceritain yang baik-baik biar bisa jadi motivasi hidup, tapi kalo yang jelek sih gak ada gunanya. Malah dosa kamu menumpuk karena kebanyakan gosip.

5. Bohong
Akar dari sebuah dosa adalah bohong. Kamu akan terus berbohong untuk menutupi kebohonganmu yang sebelumnya. Jadi deh hidup kamu penuh dengan kebohongan. Ini tentunya berasal dari sekedar ucapan sederhana yang kamu rasa gak penting.

Tapi ternyata kamu harus berbohong terus sampe hidup kamu penuh dengan kepalsuan. Sana sini bohong akhirnya kamu sendiri yang terlibat masalah.

Jadi hal sepele ini jangan jadi kebiasaan ya. Bohong itu dosa karena memang tidak ada gunanya. Biarpun ada yang bilang bohong demi kebaikan gak masalah, tapi kalo jadi kebiasaan malah nambah masalah.

6. Buang waktu
Udah lumrah jaman sekarang anak muda malah ngabisin waktunya buat nongkrong berjam-jam tanpa kegiatan yang jelas. Adanya cuma main game seharian, atau ngelakuin hal yang membuang waktu.

Membuang waktu dengan kegiatan yang gak jelas adalah dosa kecil yang kamu perbuat karena menyia-nyiakan kehidupan yang telah diberikan oleh Tuhan.

Kamu tanpa sadar menjadi kurang bersyukur dengan keadaanmu. Waktu sehat dihabiskan untuk kegiatan yang tidak berguna. Nongkrong di perempatan jalan sambil merokok dan gosip gak jelas. Setelah itu pulang dan gak ada hal positif yang bisa kamu dapatkan.

Tapi kamu ngerasa ini adalah sesuatu yang biasa. Kalo ini jadi kebiasaan, kamu akan sering membuang waktu dalam hidupmu dalam beberapa tahun ke depan. Tanpa sadar umur sudah bertambah tua tapi kamu belum melakukan apa-apa untuk hidupmu yang singkat ini.

7. Memutus Silaturahmi
Perselisihan sesama teman sering terjadi. Ketidakcocokan dan kesalahpahaman jadi latar belakang yang membuat hubungan renggang dan akhirnya kalian tidak lagi saling bertegur sapa.

Memutus silaturahmi seperti ini termasuk ke dalam dosa lho. Sudah digariskan bahwa kita adalah satu nenek moyang dari Nabi Adam, trus kita juga makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Jadi kalo kamu memutuskan hubungan dengan orang lain berarti kamu juga memutus tali persaudaraan sesama manusia karena keegoisan masing-masing.

Buat kamu yang sekarang lagi marahan sama temennya, ayo segera tegur lagi supaya dosa kamu diampuni. Hidup ini lebih indah jika kita berdampingan bersama dengan baik.

Mana dosa yang masih sering kamu lakuin sampe hari ini? Hmm saatnya refleksi diri! 🙂

Sumber: selipan.com

Loading...
loading...
loading...