5 Syarat Mutlak Untuk Bisa Tidur Nyenyak

by

Susah tidur tiap malam, lalu terkantuk-kantuk keesokan paginya? Pada akhir pekan sekalipun, situasi ini bisa sangat mengganggu karena jadi tidak bisa bangun pagi untuk olahraga.

Pengaturan pola tidur adalah kuncinya. Bila seseorang masih sulit membiasakan tidur dengan pola yang tetap, maka risiko untuk sewaktu-waktu menghadapi insomnia akan selalu terbuka.

Padahal nggak susah lho, bila dirangkum maka sebenarnya hanya ada 5 kunci tidur nyenyak tiap hari. Apa saja kelima kunci tidur teratur dan selalu nyenyak tersebut?

Berikut, detikHealth merangkumnya.

1. Gelap
Salah satu hormon yang merangsang rasa kantuk adalah melatonin. Hormon ini dilepaskan ketika otak menangkap sinyal gelap, yang menandakan malam telah tiba.

Ini menjelaskan kenapa seseorang cenderung sulit tidur dalam situasi terang benderang.

Dan jika ingin bisa tidur nyenyak, maka kurangi paparan cahaya, termasuk dari gadget yang sering diletakkan di samping tempat tidur.

2. Jadwal Tetap
Secara alamiah, tubuh akan mempelajari kebiasaan sehari-hari, termasuk pola tidur.

Membiasakan diri tidur dan bangun pada jam-jam tertentu, akan membuat jam biologis tubuh lebih mudah untuk mengatur sinyal ngantuk dan terjaga.

Tidur terlalu larut ataupun terlalu awal, sebaiknya dihindari bila ingin mudah terlelap.

3. Suhu Ruangan
Sebenarnya tidak ada keharusan untuk tidur pada suhu tertentu agar bisa terlelap dengan mudah di malam hari.

Masing-masing orang punya preferensi sendiri, ada yang lebih nyaman tidur dalam kondisi sejuk maupun hangat. Temukan suhu paling nyaman bila ingin selalu bisa tidur nyenyak.

4. Jaga Tempat Tidur Tetap ‘Sakral’
Tempat tidur adalah tempat untuk tidur, bukan untuk melakukan aktivitas lain. Biasakan untuk tidak pernah berlama-lama di tempat tidur bila tidak untuk tidur.

Kalaupun susah tidur, maka dianjurkan untuk beranjak ke ruangan lain bila dalam 30 menit belum juga terlelap.

Lakukan aktivitas lain seperti membaca buku di tempat lain, dan baru kembali ke tempat tidur bisal sudah benar-benar mengantuk.

5. Hindari Kopi Maupun Alkohol
Kopi sudah pasti akan mengusir kantuk. Bagaimana dengan alkohol, bukankah efeknya bikin mengantuk?

Bedakan antara mengantuk dengan teler. Dalam pengaruh alkohol, seseorang memang akan lebih mudah terlelap, tetapi bukan berarti tidur yang berkualitas.

Bila seseorang tidur dalam pengaruh alkohol, dijamin keesokan paginya akan kesulitan untuk bangun karena tidak bugar.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...