5 Keistimewaan Uban Dalam Islam yang Sering Luput Dari Perhatian

by

Rambut menjadi salah satu bentuk keindahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap manusia.

Warna rambut umumnya akan berubah menjadi putih seiring berjalannya waktu. Tapi apakah kamu mengetahui mengenai keistimewaan uban dalam Islam?

Banyak sekali keistimewaan yang terdapat dalam rambut, termasuk rambut yang sudah memutih atau beruban.

Walaupun beberapa orang telah beranggapan bahwa rambut beruban akan membuat seseorang terlihat lebih tua atau tampilannya tidak rapi, Allah SWT telah menjelaskan mengenai keistimewaan uban bagi kita umat Muslim, lho!

Keistimewaan Uban dalam Islam
Tumbuhnya uban menjadi salah satu fase alami yang akan dirasakan tiap orang. Berikut ini ulasannya mengenai kesitimewaan uban:

1. Menjadi Cahaya di Hari Kiamat Kelak
Dari Amr bin Syu’aib yang dikatakan dari ayahnya dan kakeknya bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang memiliki sehelai uban, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud 4204 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wa Tarhib, 2091)

Berdasarkan dalil dan hadist tersebut, makan lebih saat kita telah memiliki uban jangan mencabutnya.

Biar bagaimanapun, hal tersebut terjadi secara alamiah dan tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia.

Uban atau rambut yang telah memutih itu, kelak akan menjadi cahaya bagi kita di hari akhir kelak.

2. Mengingatkan Akan Dekatnya Ajal
Selain nantinya akan menjadi cahaya di hari akhir, di dalam Al-Quran juga disebutkan mengenai uban seperti berikut ini:

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِن نَّصِيرٍ

“Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami), dan bagi orang-orang zhalim tidak ada seorang penolong pun … (QS. Fathir ayat 37)

Dalam ayat tersebut, yang dimaksud dengan ‘peringatan’ ialah munculnya uban pada rambut. Karena uban menurut Islam akan muncul pada rambut seseorang yang sudah berusia senja.

Oleh sebab itu, uban dapat dijadikan sebagai pengingat manusia bahwa ia sudah berada di penguhujung kehidupan yang kita semua tidak tahu kecuali Allah SWT.

3. Menjadikan Seseorang Tidak Lagi Serakah
Uban yang mucul pada rambut kamu mengingatkan bahwa kita sebagai manusia tidak akan selamanya hidup di dunia ini.

Waktu kita di dunia sangatlah sebentar jika dibandingkan dengan di akhirat yang kekal alias selamanya. Sufyan Ats-Tsauri mengatakan,

“Zuhud terhadap dunia akan memupuskan Angan-angan kosong. Ia tak lagi berlebihan dalam hal makanan dan pakaian”.

4. Mendorong Untuk Terus Memperbanyak Amal Sholeh
Seiring mulai bermunculannya uban, maka sudah sewajarnya kita memperbanyak amal saleh, ibadah dan melakukan hal positif khususnya dalam menjalankan perintah-Nya.

Kita juga harus semakin memperbaiki hubungan antara sesama manusia dan hubungan kita dengan Allah SWT.

5. Memancarkan Sikap Tabah dan Wibawa
Seseorang yang telah memililki uban umumnya akan lebih berwibawa dan lebih tabah dalam menajalankan kehidupan. Karena usia yang tidak lagi muda, dianjurkan untuk memiliki sikap yang lebih tenang.

Hal tersebut juga yang mendasari mengapa Islam mengajarkan kita untuk menghormati orang yang lebih tua. Abu Musa Al-‘Asy’ari ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Sesunguhnya termasuk dari pengagungan kepada Alloh ialah menghormati orang muslim yang sudah beruban (orang tua).” (HR. Abu Dawud dari hadits Abu Musa ra. Hadits hasan)

Sobat, Mulai saat ini jangan mencabuti uban dan menganggap remeh, ya. Apalagi menjadikan uban sebagai hal yang sangat menganggu.

Karena di balik itu semua, Allah SWT telah menjadikan uban bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: moslemlifestyle.com

Loading...
loading...
loading...