5 Fakta Batang Pisang yang Terjual Mahal di Amerika

by -2,242 views

Berlimpah di Indonesia, tetapi jarang dimanfaatkan, batang pisang justru dijual mahal di supermarket Amerika. Batang pisang dapat diolah menjadi makanan lezat. Ini faktanya.

Di Indonesia istilah batang pisang lebih dikenal dengan sebutan gedebog pisang.

Meskipun berupa batang, gedebog pisang justru bisa diolah menjadi makanan dan minuman lezat, karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi.

Batang pisang atau gedebog banyak dan mudah ditemui di Indonesia, tetapi jarang dimanfaatkan sehingga kebanyakan lebih sering terbuang sia-sia.

Berbeda dengan di Amerika, batang pisang justru laku terjual dengan harga yang terbilang mahal.

Mulai dari kandungan nutrisi, manfaat hingga olahan makanan dan minumannya,berikut 5 fakta tentang batang pisang.

1. Apa Itu Batang Pisang atau Gedebog?
Hampir semua bagian dari tanaman pisang ternyata dapat dimanfaatkan. Mulai dari daun pisang, jantung pisang, buah pisang hingga batang pohon pisang itu sendiri.

Batang pohon pisang itulah yang dikenal dengan nama gedebog pisang yang diambil dari bahasa Jawa.

Namun, di Indonesia mungkin jarang pasar-pasar yang menawarkan batang pisang, karena bagian dari tanaman pisang itu masih jarang diketahui bahwa dapat diolah menjadi makanan lezat.

Batang pisang juga banyak dan mudah ditemui. Biasanya masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di perkampungan hanya memanfaatkan batang pisang sebagai perahu-perahuan untuk bermain anak-anak di sungai.

Sisanya, batang pisang langsung dibuang begitu saja. Padahal kalau di Amerika, batang pisang banyak dijual di supermarket dengan harga yang terbilang mahal.

2. Dijual Mahal di Amerika
Jarang dimanfaatkan di Indonesia, siapa sangka ternyata batang pisang justru banyak dijual di supermarket di Amerika Serikat.

Tak tanggung-tanggung, batang pisang itu dibanderol dengan harga sekitar 5,95 USD atau setara dengan Rp. 85.000.

Gedebog atau batang pisang itu dipotong-potong hingga ukurannya menjadi kecil-kecil, kemudian dikemas dalam wrapped plastik dan dijajahkan di supermarket.

Keberadaan batang pisang di supermarket Amerika ini sempat menghebohkan masyarakat Indonesia.

Banyak yang tak menyangka bahwa batang pisang yang selama ini tersedia banyak di Indonesia banyak dibuang begitu saja.

Namun, di Amerika batang pisang justru dijual dengan harga yang tinggi.

Itu karena batang pisang memiliki banyak manfaat, mulai sebagai obat ramuan hingga makanan yang lezat. Batang pisang juga banyak kandungan nutrisi.

3. Kandungan dan Khasiat Batang Pisang
Di dalam batang pisang terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, tanin, gula, saponin, zat tepung, kalium, dan masih banyak lagi.

Karena itu mengonsumsi gedebog atau batang pisang dapat mendetoksifikasi dan memperlancar pencernaan.

Bahan alami yang ada dalam batang pisang dapat membersihkan sistem pencernaan secara efektif. Sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang membahayakan.

Selain itu, batang pisang juga mengandung serat yang tinggi, sama seperti sayuran hijau yang biasa dikonsumsi.

Tak hanya memperlancar pencernaan saja, batang pisang juga berkhasiat untuk mengobati baju ginjal.

Juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, hingga menyembuhkan asam lambung. Sehingga dapat dipastikan batang pisang aman untuk dikonsumsi.

4. Makanan Olahan Batang Pisang
Gedebog atau batang pisang dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Ada banyak makanan tradisional khas daerah-daerah di Indonesia yang terbuat dari batang pisang yang menawarkan sensasi nagih.

Seperti yang ada di Lombok, biasanya masyarakat Lombok mengolah batang pisang menjadi sayur ares.

Sayur ares terbuat dari batang pisang yang dicampur dengan santan dan cabai rawit, sehingga menawarkan rasa yang pedas dan gurih. Makanan tersebut juga dikenal dengan sebutan jukut ares.

Selain itu juga ada Pa Piong Bura, makanan berupa ayam dengan campuran batang pisang yang berasal dari tanah Toraja.

Makanan tersebut bahkan selalu ada setiap kali ada acara adat di Toraja.Atau kamu juga bisa mengolahnya menjadi hidangan yang segar seperti rujak batang pisang.

Rujak batang pisang mirip seperti som tum khas Thailand. Untuk membuatnya batang pisang lebih dulu dicacah, kemudian dibumbui dengan cabai rawit, air jeruk nipis, ebi dan kecap ikan. Semua bahan ini dicampur dan diaduk hingga rata.

5. Dapat Dijadikan Minuman Segar
Todak hanya bisa diolah menjadi aneka makanan lezat, batang pisang juga bisa diolah menjadi minuman segar. Biasanya gedebog atau batang pisang diolah menjadi minuman berupa jus.

Cara membuatnya juga mudah, sama seperti membuat jus buah atau sayur biasanya. Batang pisang lebih dulu dipotong kecil-kecil, kemudian tambah kan air dan dihaluskan.

Minum segelas jus batang pisang juga disarankan oleh kebanyakan ahli gizi. Menurut ahli gizi dengan rutin minum jus batang pisang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Jus batang pisang itu dapat berperan untuk mengatur insulin dalam tubuh. Proses tersebut dapat berfungsi untuk mengobati penyakit diabates. Selain itu juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama lagi.

Sumber: detik.com

loading...
loading...