3 Kondisi Ketika Doa Seorang Hamba Pasti Dikabulkan Allah

by

Dikabulkannya sebuah doa tergantung beberapa faktor. Hal yang paling utama adalah kebutuhan mendesak yang dimiliki seorang hamba.

Namun selain itu, ada beberapa kondisi yang bisa kita manfaatkan untuk berdoa, yang memiliki keutamannya sendiri dibandingkan kondisi-kondisi pada umumnya.

Ini sebagaimana yang tertera dalam riwayat di bawah ini. Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثلاث حق على الله أن لا يرد لهم دعوة: الصائم حتى يفطر، والمظلوم حتى ينتصر، والمسافر حتى يرجع.

Tiga hal yang Allah akan kabulkan doalnya: doa orang yang berpuasa sampai berbuka, doa orang yang terdzalimi sampai ia ditolong dan doa seorang musafir sampai dia pulang

Sabda Nabi Muhammad SAW di atas adalah bentuk penghargaan bagi seorang hamba yang tengah berada dalam ujian atau cobaan.

Berpuasa, didzalimi orang lain dan melakukan safar adalah tiga kondisi cobaan yang lumrah dialami oleh seseorang.

Ketiganya mengandung sesuatu yang tidak enak, tidak nyaman dan cenderung menganggu.

Seperti berpuasa misalnya. Seseorang dicegah untuk makan makanan yang disukainya dan minum minuman favoritnya.

Sejak pagi hari sampai senja ia dituntut untuk mengosongkan perutnya dan menahan segenap keinginannya terhadap hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Dalam kondisi yang tidak menyenangkan seperti ini, seseorang dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu dan menahan syahwatnya.

Dan dalam kondisi seperti inilah, secara tidak langsung, doa yang dipanjatkannya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Begitu juga dengan kondisi terdzalimi. Tidak mengenakkan, sama seperti puasa. Melakukan safar berhari-hari, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Meninggalkan anak-istri, menanggung rindu kepada keluarga dan suasana kampong halaman, merupakan ujian yang tidak ringan.

Dan, dalam kondisi-kondisi semacam inilah, jika dilalui dengan sabar, doa seorang hamba akan langsung didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Maka bagi kamu yang berpuasa, terdzalimi dan sedang berpergian, manfaatkan kondisi-kondisi itu dengan banyak berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

Sumber: harakahislamiyah.com

Loading...
loading...
loading...