Video: Detik-detik Tentara Arab Saudi Menghancurkan Rudal yang Mengarah ke Makkah




Masyarakat Arab Saudi terkejut dengan kabar kelompok Houthi menembakkan roket ke Kota Suci Mekah. Situs antara pada Sabtu (29/10/2016) menuliskan kalau roket itu meluncur pada Kamis malam (27/10/2016). Sejumlah situs berita internasional juga langsung menurunkan berita itu.

“Pemberontak Houthi Melancarkan Peluru kendali menuju Mekah pada Kamis petang dari wilayah Saada yang terletak di sebrang Arab Saudi,” kata tentara gabungan seperti dilansir dari situs siakapkeli.my

Walau demikian, rudal itu berhasil dihalau. Rudal itu ditembak di udara oleh tentara Arab Saudi. Penembakan rudal ini juga dengan menggunakan sistem rudal yang sama. Tentara Arab menembak rudal dari jarak 65 Kilo Meter.

“Sistem Pertahanan udara berhasil memintas dan memusnahkannya dari jarak 65 Kilo Meter dari Mekah. Tidak ada kerusakan apapun di kota suci itu,” tuturnya.

Detik-detik penghalauan tersebut juga beredar di Youtube. Video berdurasi 15 detik itu menggambarkan bagaiamana rudal tersebut meledak di udara?

Videonya ada di bawah ini.

Video itu beredar di YouTube. Selain itu adapula video lain yang menyebut kalau inilah rudal yang menghalau rudal yang mengarah ke Mekkah.

Sementara ini belum diketahui kebenaran apakah dua video di atas merupakan peristiwa penghalauan rudal balistik tadi.

Untuk diketahui, kelompok Houthi berkaitan erat dengan Iran. Negara itu disebut-sebut sering mengirim senjata kepada pemberontak tersebut.

Bahkan, Arab Saudi berulang kali meminta Iran untuk menghentikan pengiriman senjata kepada milisi Houthi. Arab juga pernaah menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan ke Iran karena melanggar resolusi PBB yang berkaitan dengan itu.

Sumber: tribunnews.com