Umroh Makin Mudah Karena 5 Hal Ini Ikut Berkembang Mengikuti Zaman

by

Perkembangan teknologi memang salah satu dampak dari zaman yang terus-menerus berubah. Nah, dari situ akhirnya banyak hal yang berubah dan bisa disyukuri sama milenial yang mau berangkat umroh.

Kalau dibandingkan dengan zaman dulu, emang banyak banget sih yang bisa kita syukuri. Seperti beberapa hal di bawah ini.

1. Bus dan Kapal versus Pesawat
Di zaman sekarang sih, kita gak perlu pusing lagi karena perjalanan umroh bisa ditempuh menggunakan pesawat dengan waktu tempuh sembilan jam saja.

Di zaman dulu, perjalanan menggunakan pesawat ini biayanya sangat mahal, sehingga kebanyakan orang menggunakan kapal bahkan bus dengan lama perjalanan yang bisa mencapai berhari-hari. Wah, penuh perjuangan ya!

2. Menginap di Tenda versus Hotel dan Penginapan
Fasilitas umroh atau haji zaman dulu dan sekarang juga beda banget loh. Di zaman dulu, belum banyak hotel atau penginapan untuk orang-orang yang akan beribadah umroh atau haji beristirahat.

Sehingga di zaman dulu, banyak orang mendirikan tenda dan berkemah untuk beristirahat, bahkan menyiapkan makanannya sendiri.

Berbeda dengan zaman sekarang, semua orang yang akan menjalankan ibadah bisa menginap di hotel atau penginapan yang nyaman buat beristirahat.

Gak hanya itu, untuk kebutuhan makan pun sudah disiapkan dari penyelenggara perjalanan. Bikin bersyukur banget ya!

3. Angkutan yang Digunakan Jamaah
Buat kamu yang mau berangkat ke Tanah Suci dalam waktu dekat ini, kamu harus banyak bersyukur nih. Salah satunya karena, transportasi yang digunakan untuk mengangkut Jamaah di sana sudah jauh lebih bagus.

Pada zaman dahulu masih menggunakan minibus kecil bahkan ada yang duduk di atas loh saking terbatasnya jumlah angkutan.

Gak sampai di situ, bahkan proses pengangkutan jamaah dilakukan dengan naik unta. Kebayang gak sih?

4. Dokumentasi yang Jarang versus Media Sosial
Di zaman dulu, dokumentasi merupakan suatu hal yang sangat langka atau jarang dilakukan oleh orang-orang.

Gak heran ‘kan kalau kita jarang banget bisa menemukan foto yang benar-benar artistik dari orang-orang yang berangkat umroh atau haji pada masa itu.

Beda banget nih sama sekarang, di mana semua orang udah punya smartphone yang memungkinkan untuk mengambil gambar dan mengabadikan momen saat berada di tanah suci.

Gak jarang momen kayak gini seringkali dibagikan ke media sosial untuk memberi kabar ke teman dan kerabat di tanah air. Eits, tapi jangan sampai salah fokus ya dari ibadahnya!

5. Susah Komunikasi versus Kemudahan Berkomunikasi
Komunikasi jadi hal yang krusial banget nih, apalagi untuk bisa terus memberi kabar sama keluarga dan kerabat tentang kondisi kita waktu di tanah suci. Apalagi mengingat perjalanan umroh yang terbilang gak sebentar ini.

Di zaman dulu, komunikasi jadi suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Selain karena mahal, masih sedikit yang bisa memberikan layanan komunikasi sampai ke luar negeri ini. Hasilnya, komunikasi yang dilakukan semakin terbatas deh.

Berbeda dengan sekarang, komunikasi menjadi salah satu hal krusial yang gak bisa kita tinggalin. Harganya yang relatif jauh lebih murah ketimbang dulu bikin komunikasi antar negara jadi lebih murah.

Sumber: idntimes.com

Loading...
loading...
loading...