Tips Shalat Tepat Waktu bagi Ibu Rumah Tangga




Ibu rumah tangga terkadang memiliki banyak modus dan alasan melambatkan atau menunda-nunda waktu shalatnya.

Pada saat adzan berkumandang, ada saja pekerjaan yang masih dikerjakan, seperti: memasak, menjemur pakaian, beres-beres rumah, dan belum lagi yang memiliki anak balita atau baby, pasti ada saja keribetan yang semakin mempersulit untuk bisa melaksanakan sholat tepat waktu.

Untuk menyiasati kepadatan aktivitas rumah tangga agar bisa menjalankan shalat tepat pada waktunya, tips berikut ini semoga bisa membantu:

1. Niat dan Yakin
Apapun itu harus diawali dari sebuah niat. Sesibuk-sibuknya ibu rumah tangga mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurus anak, tentunya tak akan menjadikan alasan mengulur-ulur waktu sholat.

Jika sudah ada niat, akan lebih mudah untuk mencari cara merealisasikannya. Tanamkan niat yang kuat pada diri sendiri untuk bisa melaksanakan sholat tepat waktu mulai hari ini, tidak akan menunda-nunda, berusaha semaksimal mungkin, pasti bisa.

Renungkanlah pesan Rasulullah Saw berikut ini: “Sebaik-baik amal adalah sholat di awal waktu.” ( HR. Tirmidzi dan Hakim)

2. Mengatur Pekerjaan Rumah Dengan Baik
Aturlah waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu di rumah dengan sebaik-baiknya. Misalnya memasak, ibu rumah tangga pada umumnya menunda waktu shalat salah satunya sedang memasak, nanggung jikalau tidak diselesaikan sampai masakan matang, khawatir mempengaruhi rasa pada makanan, makanan menjadi kurang enak, dan sebagainya.

Untuk mensiasatinya lakukan pekerjaan memasak jauh sebelum waktu sholat tiba, supaya tidak harus menghentikan prosesi di tengah-tengah memasak, untuk melaksanakan shalat.

3. Matikan Televisi
Televisi tak jarang menjadi salah satu pemicu ibu rumah tangga menunda-nunda atau mengakhir-akhirkan waktu shalatnya. Pada saat menonton acara kesukaannya, misalnya saja menyaksikan sinetron kegemarannya.

Nah, ketika gema adzan sudah habis, justru acara lagi seru-serunya, sayang jika ditinggalkan. Itulah yang menjadi alasannya. Atau jika tidak, akan menunggu tayangan iklan, baru beranjak meninggalkan televisi. Tinggalkan kebiasaan buruk ini, saat adzan sudah berkumandang segera matikan televisi, apapun acaranya!

4. Segerakan Makan Ketika Waktu Sudah Mendekati Waktu Sholat
Tak jarang pula dengan dalih banyak yang harus dikerjakan sebagai ibu rumah tangga, makan menjadi urutan yang nomor kesekian, ketika bunyi adzan malah sedang enak-enaknya makan atau mengambil piring hendak makan.

Sebaiknya, sebelum waktu sholat tiba, luangkan waktu sejenak untuk makan supaya ketika waktu shalat tidak dalam keadaan lapar atau lagi menikmati makanan.

5. Konsisten Dengan Niat Awal, Buang Kemalasan
Penyakit malas bisa hinggap pada siapa saja, tak terkecuali ibu rumah tangga. Ketika urusan pekerjaan rumah sudah kelar semua, hal yang sering dilakukan adalah menjaga si kecil sambil main smartphone, hunting-hunting butik online, main game online, chatting sama kawan dan lain sebagainya.

Ketika kumandang adzan telah habis, tangan masih asyik memegang keyboard smartphone sambil rebahan di atas kasur yang empuk. Terasa malas dan berat pergi berwudhu dan menyegerakan sholat.

Harus diingat dengan niat awal untuk sholat tepat waktu dan tak akan mengulur-ulur lagi. Mantapkan pada diri agar selalu konsisten. Buang rasa malas! Segera bangkit dan ambil air wudlu.

Itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan, bagi ibu rumah tangga agar bisa mengerjakan shalat tepat pada waktunya.

Oleh: Muntarsih Zakiyya Sakhie
Ibu rumah tangga dengan dua orang putri, tinggal di Papua. Anggota komunitas ummi menulis. Sapa ia di Fb : Zakiyya Sakhie, IG @asih_zakiyya_sakhie

Sumber: ummi-online.com





Loading...
loading...
loading...