Tips Menghadapi Teman yang Suka Mendominasi dan Memaksa

by

Sobat, pernah nggak sih kamu menghadapi orang yang mendominasi dan memaksa? Atau malah jangan-jangan Sobat punya teman atau sahabat yang seperti itu?

Sebenarnya sobat kita ini adalah teman yang baik. Tapi, dia punya satu kekurangan, yaitu sangat mendominasi kita dengan keinginannya.

Mau jalan atau nongkrong, selalu harus di tempat favoritnya. Pas nonton bareng pun harus pilih film yang dia suka.

Kalau lagi ngobrol, pasti dia yang mendominasi pembicaraan. Harus cepat diatasi, nih sebelum kita mulai capek berteman dengan dia.

Waahh, Sobat bingung nggak nih gimana cara menghadapi tipikal yang seperti itu?

1. Tolak Keinginannya
Coba deh Sobat sesekali menolak permintaan dia. Kalau dia mulai ngajak kita jalan atau nongkrong ke tempat yang kita tak suka,

bilang aja kalau kita lagi nggak mood jalan ke sana. Tapi jangan lupa kasih pilihan tempat lain yang lebih oke.

2. Alihkan Pembicaraan
Jika dia mulai mendominasi pembicaraan, langsung saja kita alihkan dengan kata-kata kita. Memang agak nggak sopan, tapi itu akan membuat dia sadar bahwa sudah saatnya ia bergantian bicara.

3. Tahan Egonya
Coba Sobat tantang dia untuk mengikuti permainan seminggu menahan ego, kalau memang ingin berteman langgeng, jangan terus-menerus pihak kita sendiri saja yang menahan ego, dia pun harus belajar mengekang egonya.

4. Berikan Pujian
Nah, Jika temanmu sudah berhasil menahan egonya, maka tidak ada salahnya jika kamu berikan pujian kepadanya. Orang yang dominan sangat senang jika dirinya dibanjiri oleh pujian.

5. Berikan Motivasi
Sobat bisa pinjamkan dia buku atau film-film kartun lucu yang bercerita tentang makna persahabatan seperti Madagascar atau Ice Age.

Mungkin dengan begitu dia jadi sadar kalau persahabatan sejati itu adalah saling mengisi, bukannya mendominasi.

Sumber: annida-online.com

Loading...
loading...
loading...