Tips Ampuh Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

by

Ada banyak sekali permasalahan yang sering kita hadapi dalam menjaga penampilan salah satunya adalah terkait dengan permasalahan bau mulut. Karena kita tahu bahwa bau mulut ini juga sangatlah berpengaruh terhadap penampilan yang kita miliki.

Dengan demikian maka ketika anda hendak ingin mendapatkan penampilan yang menarik maka anda juga harus memperhatikan bau mulut yang anda miliki.

Menurut bahasa medis bau mulut ini disebut dengan halitosis. Sementara itu untuk halitosis ini dipengaruhi berbagai factor.

Dan hampir 85% kelainan ini disebabkan dari kelainan yang ada di rongga mulut, hal tersebut disebabkan karena infeksi jaringan yang berperan sebagai penyangga gigi atau karies gigi.

Akan tetapi masalah bau mulut ini tak hanya dikarenakan mulut akan tetapi juga bisa terjadi dikarenakan terdapatnya penyakit tertentu seperti halnya infeksi pada lambung dan juga infeksi yang ada di paru-paru.

Sementara itu apabila bau mulut ini terjadi di anak-anak maka hal tersebut disebabkan karena  masuknya benda asing ke dalam hidung serta tak terdeteksi dan telah terjadi pembusukan, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan bau.

Selain itu infeksi yang disebabkan oleh kanker dan juga radang amandel yang  kronis ini  dapat membuat nafas yang  tak sedap. Selain itu penyebab bau mulut yang lainnya bau ialah dikarenakan asam lambung yang tinggi, terlebih bagi mereka yang menderita sakit maag.

Dengan demikian maka anda memang harus selalu rutin menggosok gigi, terlebih lagi ketika sehabis sahur, kebanyakan orang setelah malas menggosok gigi ia langsung tidur.

Perlu kita tahu bahwa jika kita usai makan maka asam lambung yang kita miliki akan meningkat. Selain itu ketika kita sedang berpuasa, maka tak ada makanan masuk ke  mulut dengan demikian maka mulut akan istirahat dengan jangka waktu yang lama.

Ketika itu, maka untuk  sisa makanan di mulut, akan terjadi penumpukan sehingga jika tidak kita bersihkan dengan segera maka nantinya sulit  dibersihkan. Sehingga dapat   mengundang bakteri yang  sangat berlebihan. Dengan keberadaan bakteri ini akan memicu bau mulut.

Selain itu bau mulut ini juga dipengaruhi oleh makan makanan yang dimakan. Jika kita tidak segera menggosok gigi maka akan mengakibatkan efek bau badan yang sangat tidak enak.

Demikianlah maka kita perlu untuk memperhatikan tips cara menghilangkan bau mulut yang lebih efektif untuk kita terapkan. Dan beberapa makanan yang memicu bau mulut yang tidak sedap ialah seperti halnya jengkol, bawang putih, alkhohol, petai dan juga rokok serta masih banyak lagi makanan yang lainnya.

Terlebih lagi jika mereka yang aktif merokok, maka untuk bau mulut yang dimilikinya sangatlah khas. Sementara itu bau mulut ini juga sering terjadi pada pemakaian gigi palsu.

Dengan demikian maka diharapkan ketika menggunakan gigi palsu maka harus melakukan perawatan super ekstra. Hal ini dikarenakan gigi palsu mengandung bahan metal sehingga mengeluarkan bau yang tak sehat.

Dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bau mulut yang dapat anda lakukan dengan mudah dan benar. Selain itu juga mudah untuk anda terapkan di rumah dengan menggunakan bahan alami yang tidak berbahaya.

1. Kencur
Kencur ini bisa anda cuci dengan bersih lalu anda bisa mengunyahnya dengan teratur setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar bau mulut yang anda miliki ini dapat berkurang dan bahkan hilang. Anda bisa mengunyahnya sehari sebanyak tiga kali.

2. Teh Hijau
Anda juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur. Dengan demikian maka dapat  membantu dalam mengatasi bau mulut tidak enak.

Dan bisa menyeduh teh hijau dengan teratur sehingga bau mulut akan berkurang dan bahkan hilang. Oleh karena itu maka anda bisa mengkonsumsi teh hijau ini dengan teratur. Karena di teh hijau ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

3. Daun Sirih
Salah satu obat bau mulut adalah daun sirih, karena sangat ampuh jika digunakan untuk mengobati bau mulut. Caranya adalah dengan merebus daun sirih terlebih dahulu lalu anda saring dan anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu. Lalu gunakan untuk berkumur agar dapat bisa mengatasi bau mulut dengan maksimal.

4. Menggosok Gigi
Dan yang paling efektif dalam menjaga bau mulut agar tetap sehat adalah dengan menggosok gigi secara teratur. Jika anda menggosok gigi secara rutin ini tentu akan dapat membuat bau mulut menjadi enak.

5. Madu dan Jeruk Nipis
Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan cara menggunakan madu serta jeruk nipis ini. Yaitu dengan cara anda mencampurkan jeruk nipis dengan madu yang kemudian anda campur dan anda minum secara rutin setiap harinya.

Jika anda dapat mengkonsumsinya secara rutin maka hasilnya sangat maksimal. Selain bisa menghilangkan bau badan juga menyehatkan tubuh anda.

6. Obat Antiseptik Alami
Dengan menggunakan obat kumur yang banyak mengandung antiseptic terbuat dari bahan alami ini  sangatlah baik dalam membantu  untuk menghilangkan bau mulut dengan alami.

Karena dengan menggunakan bahan tersebut bisa  membunuh bakteri yang ada di mulut, jika hanya menggosok gigi secara rutin saja tidak cukup dalam mengatasinya.

7. Permen
Untuk cara yang selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengunyah permen, karena akan membuat bau mulut anda menjadi lebih enak dan akan menghilangkan bau mulut secara efektif.

Dalam memilih permen anda juga harus memastikan bahwa permen tersebut mengandung mint, sehingga nafas menjadi lebih segar.

8. Peterseli
Karena didalam peterseli ini ternyata banyak mengandung  klorofil maka bisa membantu dalam menetralkan secara maksimal bau mulut. Dan  untuk caranya sangat  mudah.

Karena hanya dengan mengunyah peterseli satu tangkai maka dapat  menyegarkan napas yang anda miliki. Selain itu  bisa  mencampur peterseli ini  dengan cuka serta dikunyah perlahan dalam beberapa menit.

9. Baking Soda
Siapa Yang tidak tau Baking soda? Ialah bahan yang alami dalam menghilangkan serta mencegah adanya bau mulut yang tidak enak. Dan Baking soda ini juga bisa membantu dalam menyeimbangkan  kadar asam serta dapat mengobati  bau mulut.

Caranya sangatlah simpel, anda bisa mencampur dengan satu sendok teh baking soda lalu anda masukkan ke  dalam segelas yang berisi air hangat serta anda bisa menggunakan untuk obat kumur setiap harinya dalam mengatasinya bau mulut yang tak sedap.

Dan anda bisa juga menyikat gigi dengan menggunakan baking soda, sehingga akan dapat mengurangi asam yang terjadi pada mulut serta bisa mencegah masuknya bakteri ke dalam mulut.

10. Jus Lemon
Sampai saat ini jus buah lemon telah  diyakini banyak orang sebagai obat alternative dalam menjadikan bau mulut lebih segar. Dan  selain itu juga menjadi obat kecantikan yang memiliki banyak sekali manfaatnya.

Yaitu bisa juga digunakan untuk memutihkan kulit dan juga perawatan wajah. Dengan memiliki banyak manfaat ini kebanyakan lemon menjadi pilihan yang sangat tepat.

Caranya adalah dengan membuat lemon ini menjadi jus kemudian anda jadikan untuk berkumur dengan menambahkan jus tersebut sedikit garam.

Dengan demikian jika anda melakukannya secara teratur  maka bisa membuat bau mulut anda menjadi segar dan anda juga bisa mengatasi masalah untuk kulit yang kering.

***

Jika anda memang memiliki masalah dengan bau mulut maka anda memang harus bisa mengatasinya dengan segera, dan anda bisa menerapkan berbagai cara menghilangkan bau mulut yang ada diatas.

Dan untuk anda yang ingin mendapatkan bau mulut yang enak maka anda juga harus memperhatikan beberapa hal tersebut:

Cek Secara Teratur ke Dokter
Anda juga harus bisa mengatahui akibat dari bau mulut yang anda miliki, dengan demikian maka anda bisa cek ke dokter. Karena pada dasarnya bakteri ini sangat mudah masuk ke dalam mulut yang mengakibatkan efek bau mulut.

Menyikat Gigi
Mungkin hal ini sangat terlihat sangat sepele, akan tetapi menyikat gigi ini juga harus diperhatikan. Oleh karena itu maka anda perlu untuk menyikat gigi dengan teratur.

Minum Air
Apabila anda tak minum air putih dengan cukup, maka akan mengakibatkan aliran saliva menjadi  menurun. Dan hal tersebut bisa menyebabkan bau mulut yang anda jadi lebih terkonsentrasi.

Oleh karena itu maka pastikan selalu minum air putih ini dengan teratur agar bau mulut dapat terkondisikan dengan baik.

Benang Gigi
Dengan anda menggunakan sikat gigi yang ultrasonic merupakan pilihan yang sangat tepat, akan tetapi untuk menghasilkan hasil yang maksimal dengan anda menggunakan benang gigi. Karena anda bisa mendapatkan gigi menjadi selalu bersih dan akan terhindar dari bau mulut yang tak sedap.

Oleh karena itu maka apabila anda menginginkan bau mulut menjadi segar dan sedap bisa menerapkan beberapa tips diatas dengan maksimal. Demikianlah ulasan mengenai Cara Menghilangkan Bau Mulut saat puasasemoga bisa memberikan manfaat untuk anda.

Sumber: hijapedia.com

Loading...
loading...
loading...