Ternyata Kutil Dapat Dihilangkan Dengan Lakban, Ini Caranya




kita mungkin sudah tak asing lagi dengan kutil yang terdapat di kulit. Kutil atau skin tag merupakan potongan atau bagian kecil kulit yang tumbuh biasanya pada lipatan.

Kutil juga biasanya muncul pada bagian kulit yang kerap bergesekan dengan kulit lain atau pakaian. Bagian yang sering muncul antara lain kelopak mata, leher, ketiak, bagian bawah payudara dan pangkal paha.

Dikutip dari webMD, pertumbuhan kutildisebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human papillomavirus(HPV).

HPV menginfeksi lapisan atas kulit, biasanya memasuki tubuh di area kulit yang pecah.Virus ini menyebabkan lapisan atas kulit tumbuh dengan cepat, membentuk benjolan kasar pada permukaan kulit.

Kutil dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan atau tahun. Tapi sebagian orang yang memilikinya merasa tidak nyaman sehingga mencari cara agar dapat mnghilangkannya.

Moms, ternyata ada metode yang cukup aneh untuk menghilangkan kutil, yaitu dengan cara membungkusnya dengan selotip atau lakban.

Meskipun hasil penelitian ini mengatakan lebih efektif digunakan untuk anak-anak dan remaja, daripada digunakan untuk orang dewasa.

“Penggunaan selotip/lakban tampak menjanjikan sebagai perawatan yang aman dan tidak mengancam untuk anak-anak,” tulis penulis Dean R. Focht III, MD, seorang peneliti pediatrik dengan Pusat Kesehatan Angkatan Darat Madigan, Tacoma, Washington.

Dalam studinya, Focht membandingkan terapi menggunakan krioterapi dan terapi menggunakan lakban pada 51 pasien antara usia 3 dan 22 tahun.

Sementara 26 pasien diobati dengan selotip, 25 diberi krioterapi. Hasilnya, lakban memenangkan krioterapi;85% pasien selotip bebas wart, dibandingkan dengan 60% kelompok krioterapi.

Faktanya, sebagian besar kutil yang dibungkus lakban ini hilang dalam waktu 28 hari, sementara sebagian besar kutil yang diobati dengan krioterapi membutuhkan dua perawatan, berjarak setidaknya dua minggu.

Tapi ingat penanganan kutil dengan lakban ini tidak untuk kutil di daerah genital. Cara menerapkan metode ‘lakban’ ini juga cukup mudah Moms.

  • Potong selembar lakban dan tutupi kutil dengan lakban.
  • Diamkan perban lakban pada kutil itu selama 6 hari. Jika lakban terlepas, pasang lagi dengan yang baru.
  • Setelah 6 hari lepaskan lakban, lalu rendam daerah kutil di dalam air.
  • Kemudian gosok perlahan permukaan kutil dengan kain kasar atau batu apung. Diamkan terbuka selama sehari.
  • Keesokannya, ulangi proses ini sampai kutil hilang, tapi tidak lebih dari 2 bulan.

Mudah bukan?

Sementara menggunakan metode ‘lakban’ bisa membuat kutil hilang, penelitian tidak menunjukkan bukti nyata menggunakan lakban mampu menghilangkan kutil lebih cepat daripada jika dibiarkan sendiri hilang dengan sendirinya.

Menggunakan lakban untuk kutil mungkin aman.

Tapi jika kulit Moms sangat tipis atau rapuh, berhati-hatilah saat melepaskan lakban.

Perlu diingat, jika Moms tidak yakin dengan metode ini, atau tidak yakin apa yang menonjol di kulit Moms kutil atau bukan, sebaiknya periksakan ke dokter kulit.

Begitu pula jika “terapi” lakban untuk kutil ini tidak hilang dalam waktu 8 hari atau 2 minggu, Moms sebaiknya segera menghubungi dokter kulit.

Untuk kutil di daerah genital, langsung memeriksakan ke dokter kulit dan kelamin, jangan coba-coba melakukan penanganan sendiri, termasuk dengan cara ini.

Sumber: nakita.grid.id




Loading...
loading...
loading...