Ternyata Ini Manfaat Sehat Pelihara Kucing di Rumah




Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara di rumah. Baik pria maupun wanita menyukai hewan yang lucu dan menggemaskan ini.Tahukah Anda bahwa memelihara kucing di rumah dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh?

Penelitian dari Universitas Minnesota menemukan orang yang tidak memiliki kucing berpotensi sebanyak 30-40 persen mengalami kardiovaskular dibanding orang-orang yag memelihara kucing. Orang yang memelihara kucing dapat meminimalisir potensi serangan jantung.

Selain itu, dengan memelihara kucing di dalam rumah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu meningkatkan sistem perlindungan tubuh menjadi lebih baik, mengurangi depresi, serta lebih banyak tertawa.

Kucing memiliki kemampuan memberitahukan sang pemiliknya ketika akan sakit dan dia akan datang kepada sang pemilik untuk memberinya kenyamanan.

Anak-anak yang terbiasa dekat dengan hewan-hewan peliharaan di rumah dapat membangun rasa sosial dan empati di dalam dirinya sejak dini.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan memelihara kucing ialah dapat mengurangi tekanan darah. Hal ini disampaikan oleh penelitian yang dilakukan oleh State University of New York di Buffalo yang menemukan tekanan darah berkurang pada subjek penelitian yang memiliki hewan peliharaan dibanding yang tidak. Universitas Minnesota pun melakukan penelitian serupa yang menemukan seseorang yang memelihara kucing mengurangi risiko terkena stroke.

Tingkah polah kucing yang menggemaskan tak jarang dapat membuat stres seseorang hilang dan kadar kecemasan berkurang. Apalagi ketika kucing diajak bermain, tanpa sadar dapat membuat seseorang yang memeliharanya pun bahagia.

Apakah Anda tertarik untuk mulai memelihara kucing?

1. Ingat Peribahasa ‘Bersih Pangkal Sehat’ Saat Pelihara Kucing
Dari studi yang dijabarkan sebelumnya memang terbukti kucing memiliki manfaat kesehatan untuk manusia. Meski demikan, faktor kesehatan tersebut tetap harus memperhatikan kebersihan rumah tinggal. Lazim diketahui bahwa rumah berisiko kotor ketika memutuskan memelihara hewan menggemaskan ini.

Untuk itu baiknya Anda tahu bagaimana cara memelihara dan melatih kucing dengan tepat. Bila hewan berbulu ini masih teledor dengan kontorannya di rumah, maka baiknya Anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Jika tidak tentu akan mengganggu kenyamanan karena bau tak sedap dan bakteri pembawa penyakit.

Beberapa cara mengatasinya seperti menghilangkan bau menyengat kotoran kucing dengan produk khusus penghilang bau hewan peliharaan. Jika tidak ada bisa memakai bubuk soda kue atau kopi. Taburkan ke lokasi yang ternoda, diamkan sejenak, lalu bersihkan.

2. Bulu Kucing Dan Kesehatan
Untuk sejumlah orang, bulu kucing bisa menyebabkan alergi. Sementara bulu kucing kesayangan di rumah sangat mungkin rontok dan menyebar kemana-mana, dimana si kucing senang berkeliaran. Bulu tersebut baiknya dibersihkan agar tak memicu penyakit dan membuat semua penghuni rumah tetap sehat.

Bila bulu rontok di lantai bisa diatasi dengan disapu dan dipel. Namun, bila bulu menempel di karpet, sofa atau lokasi favorit lainnya, membersihkannya dibutuhkan cara khusus. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengambil bulu yang menempel dengan sapu atau mesin peneydot debu.

Setelah itu gunakan spons lembab atau tisu basah untuk mengambil bulu kecil yang tersisa. Ini akan lebih memudahkan karena tak perlu memungut satu per satu. Bila area yang dibersihkan kecil Anda juga bisa mengambil bulu kecil nan halus dari kucing mengggunakan selotip atau velcro. Contohnya membersihakn bulu di pakaian, selimut, dan sebagainya.

Jadi, bila Anda memutuskan memelihara kucing di rumah tetap pastikan rumah bersih dan sehat. Jangan lupa juga menjaga kebersihan dan kesehatan si kucing secara rutin.

Sumber: rumahku.com





Loading...