8 Cara Mudah Menasehati Anak Agar Nurut

Apakah Anda pernah mengalami ketika Anak Anda dinasehati malah si buah hati kurang bisa menerima dan memahami nasehat dari Anda?, bagaimana cara mendidik anak agar menjadi penurut?, nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagai cara terbaik untuk menasehati anak-anak agar menjadi pribadi yang penurut. Menghadapi anak yang bandel tidak boleh menggunakan amarah ataupun pukualan, […]

6 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Baik Menurut Islam

Kebaikan itu harus terus diusahakan agar menjadi sebuah kebiasaan dalam diri, termasuk berusaha menjadi ibu rumah tangga yang baik. Menjadi ibu rumah tangga yang baik merupakan modal besar bagi sebuah lingkup terkecil dari sebuah masyarakat. Di dalam rumah tangga terdapat mekanisme pengaturan, organisasi dan manajemen guna mencapai tujuan dari sebuah ikatan keluarga yakni sakinah, mawaddah dan […]

Kisah Nenek Marni, Jalan Kaki Keliling Jakarta Jualan Tisu

“Ini nak, tisu, 5 ribu saja,” ujar wanita renta dengan sempoyongan mendekati pembeli yang sedang makan di warung pecel ayam di sekitar Mall Ambassador, Jakarta Selatan, Jumat (3/4) malam. Dengan badan yang sudah membungkuk, wanita renta tersebut menawarkan berbagai dagangan, seperti tisu, pasta gigi, lotion pencegah nyamuk, minyak angin, sabun mandi, rokok, dan beberapa kebutuhan lainnya. Barang-barang […]

Saudara Kandungmu Adalah Orang Penting Dalam Hidupmu, Jangan Pernah Lupakan Itu

Bukanlah sebuah kebetulan ketika kita memiliki saudara kandung entah itu kakak atau adik. Kehadiran mereka sebetulnya memberikan banyak sekali warna dalam hidup kita. Tidak hanya ketika kita masih kecil, namun juga saat sudah dewasa. Dan alangkah lebih manis lagi, ketika kita bisa menua bersama mereka. Mengapa hubungan yang sehat dengan saudara kandung sangat penting dalam kehidupan kita? Psychologytoday.com menyebutkan […]

Digugat Anaknya, Bapak 74 Tahun Ini Bawa Kain Kafan ke Pengadilan

Muhamad Bola, warga Desa Rangga Solo, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), menantang anak dan menantunya melakukan sumpah terkait gugatan mereka di Pengadilan Negeri Raba Bima. “Dari awal saya sudah minta anak dan menantu saya sumpah pocong. Saya juga siap disumpah. Saya enggak takut, karena itu tanah saya,” ujar Muhamad ketika ditemui di […]

Menangislah Saat Engkau Menatap Lipatan di Kening Ayah dan Ibumu

Sering kali kita menangis karena patah hati, cinta bertepuk sebelah tangan, atau diberi harapan palsu oleh seseorang yang kita kagumi. Tetapi seberapa sering kita menangis melihat wajah ibu-ayah yang semakin menua? Ibu dan ayah-lah yang sedari kecil memberimu cinta melebihi siapa pun nyatanya jarang memiliki tempat untuk engkau kisahkan dalam bahasa air mata, lalu mengapa dirimu […]

Pahala dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Setiap Muslim diwajibkan berbakti kepada kedua orang tuanya. Ada beberapa keutamaan soal berbakti kepada orang tua ini, seperti dipaparkan dalam hadist-hadist berikut ini, seperti dilansir dari laman Islam Post. Merupakan Amal Yang Paling Utama ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu berkata. “Aku bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling utama?’ Nabi shallallaahu […]

Jualan Buku Dengan Harga Seikhlasnya, Alasan Kakek Ini Sungguh Mengharukan

Usia yang tak lagi muda tidak menjadikan semangat hidup seseorang turun dan hanya berpangku tangan menunggu uluran tangan orang lain. Itulah yang dilakukan oleh seorang kakek asal Malaysia bernama Ali yang tetap berjualan buku di usianya yang sudah renta. Yang menjadikan jualannya berbeda dari yang lain adalah ia tidak mematok harga untuk setiap bukunya. Dengan […]

Hindari Perbuatan Ini Kalau Ibu dan Ayah Anda Sudah Meninggal Dunia

Orang tua adalah surga atau neraka seorang anak. Siapa yang berbakti kepada kedua orang tuanya atas nama iman kepada Allah Ta’ala, bagi sang anak surga yang dipenuhi nikmat. Sedangkan siapa yang durhaka kepada orang tua, baginya bagian siksa di neraka. Siksa yang berat, pedih, dan perih. Berbakti kepada kedua orang tua harus dibiasakan sejak dini. […]

Jika Anak Bertanya Kenapa Harus Sholat, Puasa, Zakat. Begini Jawabnya

“Sayang, ayo kita shalat. Tuh dengar adzan telah berbunyi,” ujar seorang ibu kepada anaknya yang tengah asyik nonton televisi. “Sebentar lagi dong, ini lagi seru-serunya,” jawab sang anak. Ibu itu kemudian mendekat, “Sayang, tidak baik menunda-nunda shalat. Ini kan haknya Allah. Ayo matikan tivinya!” “Iya deh,” jawab sang anak sambil beranjak dari tempat duduk. Ia […]

Meyakinkan Orang Tua untuk Menikah Muda

Apakah kamu sudah punya keinginan untuk menikah? Pernah nggak melontarkan keinginan tersebut kepada orang tua? Pasti tanggapan setiap orang tua beragam. Ada yang menganggapnya bercanda, ada juga yang belum mengizinkan. Semua tergantung kamu juga sih, udah kelihatan siap atau belum untuk menjalani kerumitan rumah tangga. Kalau orang tua mah nggak mungkin belum mengizinkan tanpa alasan. […]

Inilah Godaan Setan Ketika Bayi Lahir dan Cara Menghindarinya

Setan adalah musuh terbesar bagi manusia. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk menjerumuskan manusia agar mengikuti jejaknya ke neraka. Ketika cara yang satu gagal, maka akan ada seribu cara lainnya yang akan digunakan setan untuk menyesatkan manusia. Upaya setan dalam menjerumuskan manusia bahkan dimulai ketika masih bayi. Lebih tepatnya ketika bayi baru saja lahir, setan […]

Ini 11 Manfaat Membawa Anak ke Masjid

Abu Qatadah mengatakan, “Ketika kami sedang duduk-duduk di masjid, Rasulullah SAW muncul ke arah kami sambil menggendong Umamah binti Abil Ash, -ibunya adalah Zainab binti Rasulullah-, beliau menggendongnya di atas pundak, kemudian Rasulullah mengerjakan shalat, sedang Umamah masih di atas pundak beliau, apabila ruku’ beliau meletakkan Umamah, dan apabila berdiri beliau menggendongnya kembali, beliau melakukan […]

Menyia-nyiakan Orangtua Sama Saja Mengabaikan Tiket ke Surga Anda

Adakah penyanyi religi yang anda sukai? Misalkan anda penggemar dari lagu-lagu Wali Band, kemudian suatu hari mendapat tiket gratis menonton Wali band sekaligus makan dan foto bersama, bahkan tiket transportasi pulang pergi dan biaya penginapan di hotel juga diberikan, bagaimana perasaan anda? Pasti senangkan? Akan digunakankah tiket tersebut? Bukankah amat sayang jika tiket gratis tersebut disia-siakan […]