Subuh Berjamaah Solusi Umat Islam Menghadapi Zaman Sekarang Ini

by

Mereka yang hebat bukanlah mereka yang leha-leha ibadahnya kepada Allah lho kawan. Anda tahu dengan salah satu kisah Nabi Daud AS yang mengalahkan Jalut. Seperti yang digambarkan dalam Al-Quran:

Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah, (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian manusia dengan sebahagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.” (QS 2 : 251).

Tahukah anda bahwa di usia 9 tahunlah seorang anak kecil bernama Daud bisa mengalahkan Raja Perkasa bernama Jalu. Bermodalkan ketapel dan batu anak kecil tersebut mampu mengalahkan sang raja.

Yang kita pertanyakan sekarang adalah apa sih yang membuat seorang anak kecil yang diejek oleh lawannya itu justru mengalami kemenangan telak. Setelah ditelusuri, ternyata masa kecil Nabi Daud AS memang diisi dengan ibadah yang luar biasa, terutama jamaah shalat subuh.

Disamping itu, beliau hanya mengisi malam dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. “Cukuplah keimanan  kepada Allah SWT yanhg menjadi hakikat kekuatan di alam ini, dan bahwasanya kemenangan bukan semata-mata ditentukan banyaknya senjata dan kuatnya tubuh” itulah kata-kata yang diucapkan Daud AS sesaat sebelum bertempur dengan Jalut.

Nabi Daud AS semenjak kecil tidak pernah yang namanya meninggalkan ibadah malam, dan juga shalat subuh. Sebenarnya apa sih keutamaan dibalik subuh sendiri, yang juga salah satu faktor kemenangan dirinya melawan musuh Allah SWT. Inilah salah satu keberkahan yang diterima oleh nabi Daud AS. Keberkahannya sendiri berupa kekuatan fisik dan juga mental beliau.

Mungkin pernah mendengar hadis yang isinya berbunyi “Barang siapa melaksanakan shalat subuh berjamaah maka ia sama saja seperti manusia yang melaksanakan shalat malam sepanjang waktu dimalam itu”??

Nah itulah satu keutamaan yang Allah limpahkan untuk umat islam yang tidak diberikan bagi umat lain. Dibalik shalat subuh itu ada banyak manfaat, dan dibalik shalat subuh berjamaah itu ada limpahan manfaat yang berlipat-lipat.

Andai kita semua bahwa shalat subuh ini merupakan salah satu senjata kita untuk menegakkan Islam dibumi ini. Mari kita sama-sama perbaiki diri, mari sama-sama berbenah diri untuk selalu melaksanakan subuh berjamaah dimasjid. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan dari diri kita masing-masing ya mau siapa lagi.

Sumber: as-safinah.blogspot.co.id

Loading...
loading...
loading...