Sayuran Baiknya Dimakan Mentah Atau Dimasak Dulu? Ini Jawabannya




Nutrisi dalam sayuran penting untuk tubuh kita. Bagaimana mempersiapkan sayuran untuk dikonsumsi agar bisa mendapat manfaat kesehatan sebanyak mungkin? Apakah sebaiknya sayuran dimakan mentah atau dimasak dahulu? Mari kita simak.

Bawang
Sebaiknya dimakan mentah sebab Anda akan mendapatkan senyawa flavonoidyang mengandung quercetin. Senyawa ini mengurangi peradangan.

Bawang merah memiliki lebih banyak flavonoid daripada yang putih. Jika hendak dimasak, sebaiknya dibawah lima menit sebab kalau lebih lama dari lima menit maka banyak nutrisi yang hilang.

Brokoli
Kalau dimasak akan mematikan enzim myrosinase yang membersihkan hati dari bahan yang bisa menyebabkan kanker.

Namun jika dimasak bisa menimpulkan senyawa indole yang bisa melawan kanker juga. Jadi dimasak dan tidak ada kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi brokoli.

Bit
Makan mentah sebab jika dimasak akan kehilangan senyawa foliate sebanyak 30%.

Jamur
Sebaiknya dimakan setelah dimasak sebab potassium dalam jamur akan muncul jika dimasak.

Bayam
Dengan dimasak maka akan lebih banyak zat besi, kalsium dan magnesium yang dikonsumsi. Mentah juga sehat namun dengan dimasak maka lebih banyak kalsium yang bisa diserap tubuh.

Tomat
Anda akan terkejut mengetahui bahwa tomat sebaiknya dimasak. Dengan dimasak maka lycopene yang ada lebih terserap di dalam tubuh.

Wortel
Sebaiknya wortel dimakan mentah. Kalau direbus banyak vitamin C yang hilang dan tidak bisa diserap tubuh.

Sumber: intisari.grid.id




Loading...
loading...
loading...