Raja Arab Saudi Akan Kunjungi Indonesia Selama 9 Hari




Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret mendatang. Selain Raja Salman, parlemen Arab ikut dalam rombongan.

“Ya jadi ini kita bersyukur dan menyambut baik rencana kunjungan Raja Saudi, Raja Salman, ke Indonesia,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Menurut Lukman, Raja Salman dan rombongannya akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dengan beberapa pihak lain. Agenda pertemuan masih dalam tahap pematangan.

“Rencananya, tanggal 1-9 Maret, ada beberapa agenda pertemuan tentu dengan Bapak Presiden dan bertemu dengan beberapa pihak nanti yang sampai sekarang sedang dimatangkan agenda beliau ada di Tanah Air ini,” sebutnya.

“Kunjungan Raja Salman ini adalah kunjungan dengan jumlah delegasi sangat besar, karena juga menyertai jumlah rombongan parlemen yang ada di sana,” imbuh Lukman.

Selain dari tokoh pemerintah, datang tokoh penting Saudi terkait kerja sama bilateral dengan Indonesia. “Sejumlah tokoh penting, tidak hanya dalam pemerintahan, tapi juga dalam hal mengembangkan usaha kerja sama antarnegara ini,” katanya.

Rencana kedatangan Raja Salman pernah disampaikan Presiden Jokowi saat mengumumkan penambahan kuota haji. Jokowi mengapresiasi pengembalian kuota haji yang diputuskan pemerintah Saudi melalui menteri haji dan umrah.

Selain mengembalikan kuota haji Indonesia menjadi 211.000 jemaah, pemerintah Saudi menambah kuota haji sebesar 10.000. Dengan begitu, kuota haji Indonesia pada 2017 menjadi 221.000.

Sumber: detik.com





Loading...