Raih Kemuliaan Lailatul Qadar Saat Haid Dengan 5 Amalan Ini

by

Jakarta Malam Lailatu Qadar hanya ada di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Sangat di sayangkan jika kita melaluinya hanya dengan kesia-sian tanpa melakukan ibadah apapun.

Bahkan di dalam Al-Quran di jelaskan bahkan malam ini lebih baik jika di bandingkan seribu bulan. Namun bagaimana jika sedang haid dan tetap ingin meraih keistimewahan pada malam ini?

Saat sedang haid, kita memang tidak bisa puasa atau salat. Meski begitu, ada banyak amalan dan ibadah yang bisa kita lakukan.

Bahkan kita masih punya kesempatan untuk mendapat kemuliaan lailatul qadar. Wanita haid masih bisa mendapat banyak pahala dengan melakukan berbagai amalan.

Seperti yang dikutip dari konsultasisyariah.com, ustaz Ammi Nur Baits menyebutkan lima amalan yang bisa dilakukan wanita haid untuk mendapatkan lailatul qadar. Apa sajakah amalan yang dimaksud? Berikut keterangannya.

1. Membaca al-Qur’an Tanpa Menyentuh Mushaf
Wanita haid masih bisa mendengarkan murattal Al Qur’an dan melantunkannya kembali. Bisa pula dengan membaca ayat-ayat Al Qur’an atau surat-surat yang dihafal.

Selama niatnya untuk beribadah, maka peluang untuk mendapat pahala akan sangat besar.

2. Memperbanyak Dzikir
Berzikir masih bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid. Meski tidak bisa salat, zikir tetap bisa dilantunkan.

Perbanyaklah bacaan tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah), dan zikir lainnya.

3. Memperbanyak Istighfar
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari memperbanyak zikir, antara lain membersihkan penyakit hati, mempercepat terkabulnya doa, membuka pintu rezeki, dan juga menghapus dosa-dosa.

Memperbanyak istighfar bisa jadi amalan yang mudah dilakukan oleh wanita haid. Jadi manfaatkan setiap waktunya dengan banyak zikir dan istighfar, ya.

4. Memperbanyak Doa-doa
Berdoa juga bisa jadi amalan wanita haid untuk meraih kemuliaan lailatul qadar. Kita pun bisa mendapat pahala dari memanjatkan doa-doa.

5. Memperbanyak Doa Malam Lailatul Qadar
Sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat dari Aisyah radhiallahu ‘anha, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam yang itu merupakan lailatul qadar, apa yang aku ucapkan?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ucapkanlah,

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

‘Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku’.” (Hadis sahih; diriwayatkan At-Turmudzi dan Ibnu majah).

Tak perlu berkecil hati jika anda haid di sepertiga terakhir bulan Ramadan. Selalu ada kesempatan untuk meraih kemuliaan lailatul qadar dengan berbagai bentuk amalan dan ibadah lainnya. Tetap semangat meraih kemuliaan bulan suci Ramadan.

Sumber: liputan6.com

Loading...
loading...
loading...