Pesan Terindah Dari Doa Nabi Sulaiman AS




Nabi Sulaiman AS merupakan putra dari Nabi Daud AS. Ketika masih anak-anak, Sulaiman kecil telah menunjukkan kecerdasannya. Sehingga tidak mengherankan bila pada usia 13 tahun, Nabi Sulaiman menjadi raja menggantikan ayahnya.

Nabi SUlaiman AS merupakan penguasa yang agung. Ia memiliki kekayaan yang berlimpah, selain itu beliau juga memiliki mukjizat yang luar biasa. Diantaranya mampu berbicara dengan binatang, angin dan jin. Meski demikian, beliau tidak pernah merasa sombong, sebab beliau menyadari bahwa hal tersebut merupakan sebuah nikmat yang diberikan Allah SWT kepadanya.

Bahkan dalam Al-Qur’an, ada sebuah doa yang diucapkan oleh Nabi Sulaiman terhadap nikmat yang telah diperolehnya. Di dalamnya berisi pesan bagi umat manusia. Sebuah pesan yang begitu indah dan memiliki makna yang mendalam. Seperti apakah doa yang dimaksud?

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman bahwa, Maka dia (Sulaiman) berdoa, “Ya Tuhan-ku, anugerahkanlah aku petunjuk untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau Anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau Ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba- hamba-Mu yang saleh.” (QS.an-Naml:19)

Dimana ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Sulaiman AS berdoa kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan kepadanya, kepada kedua orang tuanya dan dengan nikmat tersebut beliau ingin melakukan kebaikan yang diridhai Allah Ta’ala dengan demikian semoga ia dimasukkan dalam golongan hamba-hamba yang saleh.

Dalam doa ini terdapat pesan yang begitu indah bagi umat manusia. Dimana Nabi Sulaiman yang merupakan seorang nabi dan raja yang sangat kaya raya saja, merasa bersyukur atas segala nikmat yang diberikan kepadanya. Sehingga sudah seharusnya sebagai manusia biasa kita pun melakukan hal yang sama.

Selain itu ada beberapa pesan indah lainnya yang bisa dipetik dari doa yang diucapkan Nabi Sulaiman ini, diantaranya adalah:

1. Bersyukur Atas Segala Nikmat yang Diperoleh
Mensyukuri nikmat merupakan taufik yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya. Tanpa taufikdari Allah SWT, maka kita tidak akan mampu untuk mensyukuri nikmat-Nya. Selain itu dengan bersyukur, maka Allah SWT pun akan memberikan nikmat yang lebih besar lagi. Demikianlah janji Allah pada hamba-Nya yang bersyukur.

2. Tidak Melupakan Orang Tua
Dalam doa tersebut, meski memperoleh nikmat yang begitu banyak namun Nabi Sulaiman AS tidak melupakan kedua orang tuanya. Bahkan beliau mendoakan mereka. Selain itu, orang tua merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT untuk hamba-Nya. Sebab dari mereka-lah kita berasal. Dan seluruh kenikmatan dan prestasi yang kita dapatkan tanpa jasa dari mereka. Oleh sebab itu, jangan pernah melupakan kedua orang tua dalam setiap doa yang kita ucapkan.

3. Segala nikmat yang diperoleh, gunakan untuk menjalankan perintah Allah SWT
Setiap nikmat yang kita peroleh, hendaknya menjadikan kita semakin dekat dengan Sang Pemberi Nikmat. Oleh sebab itu pergunakan segala nikmat tersebut untuk menjalankan perintah Allah SWT.

Tubuh yang sempurna merupakan salah satu nikmat terbesar yang kita peroleh. Dengan demikian, hendaknya dengan keadaan yang sempurna tersebut tidak menjadikan kita lalai. Pergunakanlah tangan untuk memberi kepada yang membutuhkan. Pergunakan kaki untuk menuju tempat yang diridhoi Allah Ta’ala. Pergunakan mulut untuk berbicara yang baik, basahi dengan ucapan dzikir, pergunakan mata untuk melihat yang halal dan indah dan sebagainya.

4. Dapatkan Keridhoan Dari Allah SWT
Tujuan utama dari setiap amal perbuatan yang dilakukan manusia adalah untuk mendapatkan keridhoan dari-Nya. Bahkan sebesar dan sebanyak apapun amal yang kita lakukan tidak akan berarti tanpa niat untuk memperoleh ridho dari Allah SWT.

5. Berdoa Agar Termasuk Dalam Golongan Orang Shaleh
Di akhir doa yang diucapka oleh Nabi Sulaiman, beliau mengharapkan agar dimasukkan dengan rahmat-Nya dalam golongan orang-orang yang saleh. Selain itu ada begitu banyak ayat Al-Qur’an yang menceritakan doa para nabi memohon agar digolongkan bersama orang-orang yang saleh. Sehingga bila para nabi saja berdoa agar termasuk dalam golongan orang-orang yang saleh, maka bagaimana dengan kita yang hanya manusia biasa?

Oleh sebab itu, kita pun harus berdoa dan berusaha agar bisa termasuk dalam golongan orang-orang yang saleh. Bagaimana caranya ? yaitu dengan melaksanakan setiap perintah Allah SWT yang diniatkan hanya untuk-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Demikianlah ulasan mengenai pesan terindah dari doa Nabi Sulaiman AS. Sebuah doa yang memberikan bermacam pelajaran berharga. Semoga dengan mengetahui hal ini, menjadikan kita semakin dekat dengan Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Sumber: palingyunik.blogspot.co.id