Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Meminjamkan Uang Kepada Orang Lain




Kita tahu bahwa terkadang hidup tak selalu mudah. Ada kalanya orang-orang di dekat kita membutuhkan bantuan berupa pinjaman uang. Apakah kita langsung memberikannya? Atau malah menolaknya? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meminjamkan uang kepada orang lain:

Ambil Keputusan Dengan Mata Terbuka
Sebuah survey yang dilakukan oleh CNN Money menunjukkan bahwa hanya 43% saja orang yang menerima pengembaliannya secara penuh, 27% di antaranya bahkan tidak mendapatkan uangnya kembali.

Sangat memungkinkan jika kita tidak akan pernah lagi melihat uang yang kita pinjamkan. Oleh sebab itu, kita harus siap menerima kemungkinan terburuk itu sebelum memutuskan untuk meminjamkan uang kepada orang lain.

Memahami Keinginan Diri Sendiri
Apakah Anda mengharapkan respons emosional dari orang lain yang meminjam uang Anda? Apakah ingin mendapatkan ucapan terima kasih? Atau Anda ingin merasa lebih baik dengan membantu orang lain?

Pahami apa motif Anda sehingga ingin meminjamkan uang. Jika hanya mengharapkan imbalan seperti yang di atas, sebaiknya pikirkan kembali.

Berani Mengatakan TIDAK
Bagaimana jika kita tidak bisa meminjamkan uang? Dr. Brad Sachs, psikolog keluarga mengatakan kita harus jujur dan terbuka. Bilang kepada yang bersangkutan dengan cara baik-baik jika kita tidak bisa meminjamkan uang.

Tawarkan bantuan lain selain materi. Misalnya, dengan merekomendasikan dirinya agar segera mendapatkan pekerjaan, membantu memikirkan ide bisnis atau sekedar menjadi pendengar yang baik di kala mereka ingin menyampaikan keluh kesah.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meminjamkan uang. Mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda jika ada kerabat atau teman yang ingin meminjam uang.

Sumber: grid.id




Loading...
loading...
loading...