Menurut Ilmu Pengetahuan, Berwudhu Bisa Mencegah Penyakit




Setiap harinya kita akan berwudhu setidaknya minimal lima kali sebelum melakukan shalat Fardhu. Karena wudhu sebagai syarat sahnya shalat.

Selain itu ternyata wudhu baik untuk kesehatan dan dapat mempercantik wajah. Mari simak penjelasannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Ulama fiqih menjelaskan bahwa wudhu merupakan upaya untuk memelihara kebersihan. Daerah yang dibasuh dengan air wudhu seperti tangan, daerah muka, dan kaki merupakan bagian yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran.

Oleh karena itu, daerah tersebut harus dibasuh untuk menghindari penyakit kulit yang umumnya sering menyerang permukaan kulit yang terbuka dan jarang dibersihkan seperti sela-sela jari tangan, kaki, dan belakang telinga.

Dokter musthafa syahatah, Dekan Fakultas THT di Universitas Alexsandria mengatakan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.

Ketika ber-istisnaq (menghirup air dalam hidung), dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung.

Dengan mencuci kedua tangan, kita dapat menjaga kebersihan tangan. Kita juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu.

Selain itu, kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Prof Leopold Werner von Ehrenfels, psikiater dan neurology dari Austria, menemukan sesuatu yang menakjubkan tentang wudhu.

Ia mengemukakan bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar.

Mokhtar Salem dalam bukunya “Prayers a Sport for the Body and Soul” menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit.

Jenis kanker ini banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit.

Apabila dibersihkan dengan air (terutama saat berwudhu), maka bahan kimia tersebut akan larut bersama air. Selain itu, wudhu juga dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih muda.

Mari kita rajin berwudhu. Agar tetap cantik, sehat, awet muda dan selalu terjaga kesuciannya.

Sumber: didakwah.blogspot.co.id





Loading...
loading...
loading...