Menjelang Pelaksanaan Ibadah Haji, Houthi Tembakkan Rudal ke Mekkah




Arab Saudi menembak jatuh rudal yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi dari Yaman ke arah Mekkah pada Kamis (27/7), satu bulan menjelang musim ibadah Haji.

Koalisi militer Saudi melaporkan, rudal itu berhasil diintersepsi di lokasi yang berjarak 69 kilometer dari situs suci di Saudi tersebut.

“Ini merupakan upaya menyedihkan dari pemberontak Syah Houthi untuk mengganggu Haji,” demikian pernyataan koalisi Saudi, sebagaimana dikutip AFP.

Hingga kini, belum ada tanggapan dari militan Houthi terkait laporan ini. Jika benar, ini bukan kali pertama Houthi menargetkan kawasan suci di Saudi ini.

Salah satu upaya serangan Houthi yang mendapat sorotan luas adalah ketika Saudi melaporkan berhasil mengintersepsi rudal serupa pada Oktober tahun lalu.

Kelompok Houthi, yang didukung Iran dan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh, memang menargetkan sejumlah kota perbatasan Saudi sejak beberapa tahun belakangan.

Upaya serangan kian gencar diluncurkan setelah pada 2015, Saudi mulai memimpin koalisi serangan udara untuk mendukung Presiden Rabbu Mansour Hadi menghadapi pemberontakan.

Sumber: cnnindonesia.com





Loading...
loading...
loading...